Dosen STH Indonesia Jentera Ini Terpilih Jadi Jubir KY
Berita

Dosen STH Indonesia Jentera Ini Terpilih Jadi Jubir KY

Miko akan berusaha mewujudkan sebuah ekosistem komunikasi yang sehat dan solid dalam kerangka tugas dan kewenangan KY. Untuk itu, dia sangat membutuhkan dukungan dari banyak pihak.

Oleh:
Agus Sahbani
Bacaan 3 Menit
Miko Susanto Ginting saat diwawancarai salah seorang jurnalis. Foto: pshk.or.id
Miko Susanto Ginting saat diwawancarai salah seorang jurnalis. Foto: pshk.or.id

Komisi Yudisial (KY) secara resmi menetapkan Miko Ginting sebagai Juru Bicara KY yang baru menggantikan Komisioner KY Farid Wajdi yang telah mengakhiri masa jabatannya pada Desember 2020 lalu.

"Panitia Seleksi melalui Sekretaris Jenderal Komisi Yudisial mengumumkan satu nama dari empat peserta seleksi sebagai calon Juru Bicara KY. Nama peserta yang lulus adalah Sdr. Miko Susanto Ginting," ujar Sekretaris Jenderal KY Arie Sudihar, Selasa (30/3) berdasarkan Pengumuman No.04/PENG/SET/KP.02.02/03/2021 tentang Hasil Akhir Seleksi Terbuka Calon Juru Bicara KY.

Sebelumnya, Miko Ginting dan para calon juru bicara KY lainnya mengikuti serangkaian tahapan yaitu seleksi administrasi, penulisan press release, dan makalah rencana strategi komunikasi publik KY, showcase liputan media cetak dan media elektronik, dan wawancara dengan Anggota KY.

Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Layanan Informasi KY Amzulian Rifai mengatakan, Juru Bicara KY diangkat untuk mendukung kelancaran pelaksanaan wewenang dan tugas KY dalam bidang komunikasi publik. Ia berharap, kehadiran Juru Bicara KY yang baru ini akan meningkatkan sinergi antara KY dengan stakeholder, seperti Mahkamah Agung (MA), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Pemerintah, masyarakat sipil dan akademisi, media, serta masyarakat.

"Dalam menjalankan wewenang dan tugasnya, KY membutuhkan dukungan semua elemen. Kehadiran Juru Bicara KY ini akan mengemas isu-isu peradilan, pelaksanaan wewenang dan tugas KY, serta informasi lain yang menjadi hak publik," kata Amzulian dalam keterangannya, Kamis (1/4/2021).

Miko Ginting yang akrab disapa Miko adalah pengajar di Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera dan konsultan independen dalam berbagai riset. Selain sebagai peneliti dan pengajar, Miko aktif dalam berbagai advokasi bersama kelompok masyarakat sipil terutama terkait isu pembaharuan peradilan, sistem peradilan pidana, hak asasi manusia, dan antikorupsi.

“Saya mengucapkan terima kasih untuk kepercayaan yang diberikan. Semoga saya dapat menjalankan tugas ini dengan baik. Ke depan, saya berusaha mewujudkan sebuah ekosistem komunikasi yang sehat dan solid dalam kerangka tugas dan kewenangan KY. Untuk itu, saya sangat membutuhkan dukungan dari banyak pihak," ujar Miko.

Tags:

Berita Terkait