Ingin Buka Bisnis Berkah di Bulan Ramadan? Pahami Aspek Hukumnya di Online Course Hukumonline!
Berita

Ingin Buka Bisnis Berkah di Bulan Ramadan? Pahami Aspek Hukumnya di Online Course Hukumonline!

Hal-hal terkait hak dan kewajiban; ketentuan pembayaran; hingga penyelesaian sengketa diatur dalam satu kontrak yang mengikat kedua belah pihak. Jika melewati kewajiban Anda, hati-hati bisa jadi wanprestasi atas kontrak dan dapat diperkarakan ke pengadilan.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Ingin Buka Bisnis Berkah di Bulan Ramadan? Pahami Aspek Hukumnya di Online Course Hukumonline!
Hukumonline

Membangun sebuah bisnis bukanlah perkara yang mudah. Tak hanya sekadar mengikuti tren, Anda juga harus dapat melakukan validasi atas kebutuhan calon pengguna produk. Jangan sampai ketika produk tersebut sudah diluncurkan, tidak ada pengguna yang mau menggunakan produk Anda.

 

Pada perusahaan rintisan (startup) sering kali investasi terhadap teknologi atau model bisnis dan skema pembayaran atas produk yang ditawarkan, menjadi prioritas utama. Nyatanya, aspek hukum juga memiliki peranan yang sangat penting di awal pendirian, di tengah, hingga masa-masa startup mendapatkan pendanaan. Pemilihan badan hukum yang tepat menjadi landasan utama bagi Anda, karena akan berkaitan dengan anggaran dasar hingga urusan pajak. (Baca juga: Mau Buka Startup Baru, Ingat 7 Tips Ini!)

 

Selain itu, pemahaman yang baik terhadap kontrak juga harus dicermati bagi pelaku usaha. Hal-hal seputar hak dan kewajiban, ketentuan pembayaran, hingga penyelesaian sengketa diatur dalam satu kontrak yang mengikat kedua belah pihak. Jika melewati apa yang menjadi kewajiban Anda, hati-hati bisa jadi wanprestasi atas kontrak dan dapat diperkarakan ke pengadilan.

 

Hal-hal di atas merupakan hal yang lazim terjadi, tetapi sering kali tidak menjadi perhatian utama bagi pelaku usaha, karena aspek hukum yang dinilai kompleks dan tidak mudah untuk dipelajari. Kabar baiknya, kini Anda dapat dengan mudah memahami aspek hukum terkait dengan pendirian usaha, kontrak bahkan hingga memahami seluk-beluk terkait dengan perizinan terpadu secara daring atau OSS (Online Single Submission) dalam satu platform yaitu Online Course Hukumonline.

 

Online Course Hukumonline sebagai platform Learning Management System merupakan sebuah inovasi edukasi hukum yang dilakukan Hukumonline yang dapat dilakukan di mana dan kapan saja dengan akses 1 (satu) tahun. Anda juga dapat melakukan pembelajaran secara sistematis mulai dari menonton video pemaparan materi, membaca bahan bacaan, hingga mengerjakan latihan soal untuk mengasah pemahaman. Selain itu, pengajar yang akan menyampaikan materi juga memiliki pengalaman yang luas, sehingga dapat mempertajam pengetahuan hukum Anda.

 

Untuk mempermudah Anda mempelajari aspek-aspek hukum dalam mendirikan bisnis Anda segera ikuti beberapa kelas berikut:

 

  1. Panduan Dasar Aspek Hukum untuk Memulai Bisnis Startup, oleh Reza Topobroto, S.H., LL.M. (Praktisi Hukum)
  2. Pengantar Dasar-dasar Kontrak, oleh Gita Putri Damayana, S.H., LL.M (Pengajar STH Indonesia Jentera)
  3. Penyampaian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM), oleh Andrey (Konsultan, Easybiz) dan Febrina Artinelli (Konsultan, Easybiz)
  4. Perizinan Usaha Melalui Sistem OSS Versi 1.1, oleh Leo Faray Tody (CEO, Easybiz) dan Muhamad Faisal (Konsultan, Easybiz).
Tags: