Tips Menyelesaikan Sengketa Perdata Secara Efektif dan Efisien
Utama

Tips Menyelesaikan Sengketa Perdata Secara Efektif dan Efisien

Ada tujuh poin penting bagi lawyer agar sengketa perdata dapat diselesaikan secara efektif dan efisien.

Oleh:
Fitri Novia Heriani
Bacaan 3 Menit
Ilustrasi: HOL
Ilustrasi: HOL

Penyelesaian perkara perdata memiliki cara kerja yang berbeda dengan perkara pidana. Perkara perdata adalah perkara mengenai perselisihan hubungan antara perseorangan (subjek hukum) yang satu dengan perseorangan (subjek hukum) yang lain mengenai hak dan kewajiban/perintah dan larangan dalam lapangan keperdataan, misalnya perselisihan tentang perjanjian jual beli, sewa, pembagian harta bersama, perceraian, dan sebagainya.

Menurut advokat Emir Pohan dari Emir Pohan & Partners, terdapat perbedaan mendasar antara perkara perdata dan perkara pidana. Jika perkara perdata adalah perkara terkait hubungan perseorangan dengan perseorangan yang lain, perkara pidana menyangkut hubungan perseorangan dengan publik atau negara.

Selain itu dalam proses penyelesaian perkara perdata di pengadilan, dua lawyer dari masing-masing pihak akan saling berhadapan dalam persidangan. Sedangkan dalam perkara pidana, lawyer yang mewakili terdakwa akan menghadapi jaksa penuntut.

Sama halnya dengan perkara pidana yang berujung pada meja hijau, perkara perdata juga bisa berakhir di pengadilan. Hanya saja, lanjut Emir, kasus-kasus perdata masih memiliki opsi lain di luar pengadilan (non ajudikatif) seperti negosiasi dan mediasi. Bahkan langkah non ajudikatif ini sangat dianjurkan dalam sengketa-sengketa perdata sebelum memutuska membawa perkara ke meja hijau. (Baca: Tips Hukum Menangani Perkara Sengketa Tanah)

“Kalau dari pengalaman saya, memang tidak ada satu mekanisme atau tahapan apa yang harus dilakukan dalam menyelesaikan sengketa perdata, terkecuali jika sengketa terpaksa di bawa ke pengadilan. Ada dua cara, bisa pakai cara non ajudikatif yang tidak berlawanan dan bertentangan seperti mediasi atau negosiasi. Jadi ketika kita berselisih dengan seseorang itu cara yang bisa tempuh salah satunya dengan non ajudikatif, ngomong baik-baik negosiasi, kalau tidak berhasil baru lanjut ke mediasi,” kata Emir dalam Live IG Klinik Hukumonline “Strategi Advokat Atasi Sengketa Perdata Secara Efektif,” Jumat (21/5).

Dalam proses negosiasi, para pihak berinisiatif untuk melakukan pertemuan, membahas dan mencari jalan keluar atas persoalan yang ada. Jika tidak ada titik temu, mediasi bisa dilakukan dengan melibatkan mediator untuk mencari jalan tengah dan win-win solution bagi kedua belah pihak.

Emir mengingatkan bahwa negosiasi dan mediasi yang sukses akan memberikan hasil yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Namun jika cara non ajudikatif ini gagal, maka sengketa akan berlabuh ke pengadilan, di mana akan ada pihak yang menang dan kalah.

Tags:

Berita Terkait