Utama

Ingin Jadi Pribadi Adaptif dan Menginspirasi? Simak Tips dari Najwa Shihab

Perubahan zaman menuntut personal untuk membuka diri dan beradaptasi.
Oleh:
Fitri Novia Heriani
Bacaan 4 Menit
Pendiri Narasi Najwa Shihab dalam IGFest Hukumonline bertema Generasi Mindful: Adaptif dan Menebar Inspirasi, Selasa (13/7). Foto: RES
Pendiri Narasi Najwa Shihab dalam IGFest Hukumonline bertema Generasi Mindful: Adaptif dan Menebar Inspirasi, Selasa (13/7). Foto: RES

Perubahan zaman merupakan sebuah proses kehidupan yang tak bisa dielakkan. Tiap zaman memiliki ciri sendiri. Teknologi adalah salah satu penanda dari tiap generasi, misal di tahun 1980-an dikenal portabel audio Sony Walkman berupa alat pemutar audio, kamera dengan rol film dan disket atau floppy disk sebagai media penyimpanan data melalui media komputer.

Bandingkan dengan sekarang. Teknologi berkembang dengan pesat yang sekaligus menawarkan kemudahan-kemudahan lewat berbagai inovasi di berbagai bidang. Saat ini di era millenial, era digital di mana hampir seluruh kegiatan kehidupan dapat dilakukan dan diselesaikan secara digital, lebih praktis dan efisien.

Perkembangan ini menuntut dan memaksa orang-orang untuk menyesuaikan diri jika tak ingin tergilas oleh zaman. Pendiri Narasi, Najwa Shihab menyampaikan bahwa kemampuan manusia untuk beradaptasi merupakan kunci untuk tetap maju di zaman peralihan.

Sebagai personal yang hidup di tiga generasi, Najwa menyebut situasi pandemi adalah zaman peralihan dari dunia lama ke dunia baru. Banyak aktivitas-aktivitas di masa pra pandemi yang sudah tidak bisa dikerjakan saat pandemi. Pada akhirnya semua akan tergantung kepada diri sendiri dalam menyikapi kondisi ini.

Agar tetap bisa bertahan dalam berbagai zaman, Najwa membagikan tips kepada generasi muda untuk menjadi pribadi yang adaptif, dan tentunya dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang. Menurut wanita yang biasa disapa Nana ini pribadi adaptif harus mau membuka diri terhadap perubahan zaman.

“Pandemi ini jadi semacam portal antara dunia lama dan dunia baru. Tergantung kepada kita, bagaimana kita menyikapi saat berada dalam konsidi ini, apakah mau membuka diri, mencoba hal baru yang pasti tidak nyaman, atau stack di dunia lama. Stack tidak mau melihat kondisi yang ada, ini ujian untuk generasi yang sekarang hidupnya jungkir balik berantakan karena pandemi. Semua tergantung  bagaimana kita menempatkan diri dan pandangan kita dalam situasi saat ini,” katanya dalam IGFest Hukumonline bertema Generasi Mindful: Adaptif dan Menebar Inspirasi, Selasa (13/7).

Menjadi pribadi adaptif tidak hanya persoalan membuka diri, namun Nana mengatakan perlu sikap-sikap lain yang dapat membangun seseorang untuk mencapai hal tersebut. Salah satu sikap dimaksud adalah memiliki pola pikir action oriented,di mana seseorang harus mandiri dan memiliki kemampuan untuk bertindak dan berpikir sendiri tanpa harus menunggu arahan dari pihak lain.

Halaman Selanjutnya:
Berita Terkait