Hukumonline’s Top 100 Indonesian Law Firms 2021

Sambut Tantangan Zaman, SIP Law Firm Maju Perkuat SDM

SIP Law Firm mendorong seluruh karyawan, baik lawyer maupun non-lawyer untuk terus mengembangkan diri melalui sejumlah pelatihan, seminar bergengsi, serta beasiswa pendidikan jenjang master hingga doktor.
Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 6 Menit
SIP Law Firm. Foto: istimewa.
SIP Law Firm. Foto: istimewa.

Tak ada cita-cita yang dapat terwujud secara instan. Untuk dapat sampai ke sana, diperlukan konsistensi dan kerja keras memperbarui diri. Inovasi dan adaptasi adalah sebuah keharusan bagi siapa pun yang ingin bertahan, berkembang, dan terus relevan dengan perkembangan zaman.

 

Hal inilah yang terus dilakukan oleh SIP Law Firm—sebuah kantor hukum berstandar internasional di Jakarta—selama satu dekade. Upaya serta komitmen tinggi untuk meningkatkan kompetensi ini jelas diawali oleh sebuah pemikiran visioner sejak awal SIP dibangun: menjadi firma hukum besar di Indonesia. “Sejak awal SIP Law Firm telah menyusun strategi untuk mengembangkan diri menjadi firma hukum besar di Indonesia. Alhamdulillah, pada tahun ini, di usia yang ke-10, SIP Law Firm menempati peringkat pertama dalam jajaran ‘Top 30 Largest Law Firms: Litigation Practices 2021,” kata Partner SIP Law Firm, Tri Hartanto.

 

Dalam proses mengembangkan layanan jasa hukumnya, SIP Law Firm fokus pada dua cara: memperluas area praktik dan jenis sektor industri yang dapat ditangani. Keduanya tentu membutuhkan beberapa pembaruan, seperti peningkatan skill dan kapabilitas lawyer yang telah dicapai melalui beberapa pelatihan dan pendidikan; inovasi di bidang teknologi untuk meningkatkan kinerja dan mengoptimalkan jasa hukum; pemanfaatan platform media sosial yang semakin maksimal, guna menciptakan ruang interaksi dan edukasi yang semakin efektif dengan masyarakat maupun klien; serta membangun rasa percaya diri dan profesionalitas para lawyer dengan memberikan kesempatan untuk berbagi wawasan sebagai narasumber seminar atau forum diskusi.

 

“Kami justru sangat bersyukur dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dewasa ini. Dengan memanfaatkan teknlogi, SIP Law Firm dapat memberikan layanan jasa hukum kepada klien di mana dan kapan pun tanpa terbatas ruang atau waktu. Untuk meningkatkan kualitas layanan, SIP Law Firm juga memberi pelatihan kepada para lawyer. Setiap lawyer dibekali akses data dan informasi, termasuk kemudahan memberikan update informasi kepada klien setiap waktu. Dengan penerapan teknologi yang baik, SIP Law Firm dapat memberi informasi yang diperlukan klien dengan respons yang cepat, tepat, dan akurat,” Tri menambahkan.

 

Fokus Lahirkan Internal Berkualitas

Founder, Partner, & Advisor SIP Law Firm: Parwoto Wignjosumarto (Advisor), Tri Hartanto, Zubaidah Jufri, Safitri Hariyani Saptogino (Founder), Rakhmita Desmayanti, Arief Nugroho, Noo­r Rachmad. Foto: istimewa. 

 

SIP Law Firm mafhum, menjamin kualitas SDM adalah satu langkah awal dan penting dalam perjalanan membangun sebuah firma hukum yang tahan banting. Pun itu sebabnya, kendati situasi pandemi melanda, SIP Law Firm tetap mampu mencapai target dengan maksimal. “Strategi kami adalah selalu optimis. Kami memandang masa krisis akibat pandemi dapat menjadi opportunity, sepanjang komitmen kami untuk terus mengembangkan bisnis,” ungkap Tri.

 

Adapun salah satu faktor keberhasilan ini, dipengaruhi oleh peningkatan jumlah fee earners dari tahun ke tahun. Pada Survei Kantor Hukum Korporasi 2018 yang digagas Hukumonline, misalnya. SIP Law Firm hadir dengan lima partners, 23 associates, dan satu konsultan. Jumlah ini naik signifikan pada tahun 2021, di mana SIP Law Firm tercatat telah memiliki enam partner, 45 associates, satu of counsel, dan satu advokat asing. Dengan total 52 fee earners, tak heran jika SIP Law Firm berada pada Peringkat Sepuluh kategori 'Top 100 Indonesian Law Firms 2021' dan Peringkat Satu kategori 'Top 30 Largest Law Firms: Litigation Practices 2021'dalam Survei Kantor Hukum Indonesia 2021.

Halaman Selanjutnya:
Berita Terkait