Seleksi Pemenang Lomba Infografis Putusan MK
Terbaru

Seleksi Pemenang Lomba Infografis Putusan MK

Lomba Infografis Putusan MK ini untuk memudahkan masyarakat memahami Putusan MK melalui tampilan visual dan menarik.

Oleh:
Aida Mardatillah
Bacaan 2 Menit
Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri Fajar Laksono Soeroso saat memimpin rapat seleksi Lomba Infografis Putusan MK bersama Tim Juri, Rabu (4/8/2021). Foto: Humas MK
Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri Fajar Laksono Soeroso saat memimpin rapat seleksi Lomba Infografis Putusan MK bersama Tim Juri, Rabu (4/8/2021). Foto: Humas MK

Dalam rangka menyambut ulang tahun Mahkamah Konstitusi (MK) yang ke-18 pada 13 Agustus 2021 mendatang, MK menyelenggarakan seleksi Lomba Infografis Putusan MK. Lomba Infografis Putusan MK ini sudah diumumkan pada 14 Juni 2021 melalui Laman MK dan Media Sosial MK. Pengumpulan karya peserta mulai pada 15 Juni hingga 15 Juli 2021 melalui google drive dan mengisi google form bagi peserta.  

“Kita sudah melakukan seleksi tahap pertama terhadap 82 peserta. Dari total jumlah peserta tersebut sudah tereliminasi sebanyak tujuh karya peserta yang tidak memenuhi ketentuan lomba," ujar Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri, Fajar Laksono Soeroso selaku Ketua Lomba Infografis Putusan MK, Rabu (4/8/2021) seperti dikutip laman MK.   

Fajar mengatakan Lomba Infografis Putusan MK ini untuk memudahkan masyarakat memahami Putusan MK melalui tampilan visual dan menarik. Seleksi tahap pertama dari Lomba Infografis Putusan MK ini bertujuan untuk memastikan konten infografis bermuatan mengenai Putusan MK, bukan informasi yang lain.

Selain itu, konten berupa infografis dapat memberikan gambaran dan pemahaman sederhana bagi publik terhadap Putusan MK yang oleh peserta dipandang menarik, bahkan fenomenal. “Pada seleksi tahap kedua lomba, Tim Juri Lomba Infografis Putusan MK akan memberikan nilai terhadap 75 karya yang lolos seleksi tahap kedua," jelas Fajar.

Tim Juri lomba terdiri dari Art Director Erren Pratama (ketua); Pemimpin Redaksi Hukumonline Fathan Qorib; dan Peneliti Ahli Madya MK Bisariyadi (masing-masing sebagai anggota). Pada seleksi tahap ketiga, kata Fajar, Tim Juri memilih 6 karya konten terbaik sebagai juara 1 sampai juara 3, dan tiga karya terfavorit. Sebanyak 6 karya konten tersebut akan diunggah di akun media sosial Mahkamah Konstitusi pada 7-12 Agustus 2021. 

Seperti diketahui, pengumuman Lomba Infografis Putusan MK ini pada 14 Juni 2021 melalui Laman MK dan Media Sosial MK. Lomba Infografis Putusan MK ini terbuka untuk masyarakat umum dari semua kalangan, kecuali pegawai MK dan kerabatnya.

Kemudian pengumpulan karya peserta pada 15 Juni hingga 15 Juli 2021 melalui google drive dan mengisi google form bagi peserta. Selanjutnya, penjurian lomba dilakukan pada 23 Juli–5 Agustus 2021. Kegiatan penjurian oleh Tim Juri dilakukan pada 4–5 Agustus 2021. Sedangkan para juara dan karya terfavorit lomba akan diumumkan pada 13 Agustus 2021 di Laman MK dan Media Sosial MK.

Tags:

Berita Terkait