Publikasi Sidang Tahunan MPR Dilakukan Melalui Berbagai Media
Pojok MPR-RI

Publikasi Sidang Tahunan MPR Dilakukan Melalui Berbagai Media

Karena pandemi Covid-19, media yang meliput Sidang Tahunan MPR RI dibatasi, kebanyakan untuk media elektronik.

Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Kabiro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR, Siti Fauziah. Foto: Istimewa.
Kabiro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR, Siti Fauziah. Foto: Istimewa.

JAKATA - Setjen MPR RI mempersiapkan berbagai strategi publikasi Sidang Tahunan MPR yang digelar di Gedung Nusantara, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, 16 Agustus 2021.

Menurut Kabiro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR, Siti Fauziah, sebelum Sidang Tahunan MPR, biro yang dipimpinnya telah mempersiapkan berbagai metode publikasi. Sebelum sidang dilaksanakan, Biro Humas dan Sistem Informasi sudah mempublikasikan dan menyebar informasi mengenai waktu sidang digelar dan apa itu sidang tahunan.

“Kami sebarkan maksud dan tujuan sidang tahunan, baik melalui rilis berita maupun lewat televise. Kemarin kita sudah share atau sebar infomasi mengenai pelaksanaan sidang tahunan,” ujar Siti Fauziah di Jakarta, Minggu, 15 Agustus 2021.

Menurut Siti Fauziah, informasi juga disebar lewat media sosial, seperti instagram, facebook, twitter, dan youtube. Menurutnya, Sidang Tahunan MPR yang digelar tahun ini diharap juga menjadi perhatian generasi atau kaum milineal. Untuk itu Biro Humas juga menggunakan media-media sosial yang digandrungi anak-anak muda. “Kita juga siarkan lewat kanal-kanal yang digemari generasi milineal," ucapnya.

Dikatakan Siti Fauziyah, Biro Humas dan Sistem Informasi sangat massif melakukan sosialisasi pelaksanaan Sidang Tahunan MPR. Untuk lebih menyebarluaskan acara itu, juga digunakan sms gateway, running text di televisi, juga lewat monitor-monitor televisi yang di pasang di gerbong-gerbong kereta api maupun KRL. Diungkapkan, mempublikasikan Sidang Tahunan di kereta atau KRL sangat strategis sebab masyarakat yang menggunakan moda transportasi itu sangat melimpah.

Menurut Siti Fauziyah,  saat sidang berlangsung akan disiarkan lewat berbagai macam media, termasuk televise yang dilakukan melalui TV Pool.

Diakui dalam Sidang Tahunan kali ini, pandemi Covid-19 masih terjadi sehingga upaya bersama untuk menghindari kerumunan dilakukan dan disepakati. Untuk itu media yang meliput acara yang digelar di Gedung Nusantara dibatasi, kebanyakan untuk media elektronik. “Ada syarat dan ketentuan untuk meliput sidang tahunan, yakni test-PCR maupun swab antigen,” ungkapnya.

Meski demikian Siti Fauziah menegaskan tetap memfasilitasi wartawan lain untuk bisa meliput acara tanpa mengurangi keutuhan jalannya sidang. Disebutkan, di Media Center Press Room yang berada di Gedung Nusantara akan dipasang dua televisi. Wartawan bisa mengakses acara lewat televisi-televisi itu.

Tak hanya itu, Biro Humas MPR juga menyediakan poll data. Dalam poll data berisi foto-foto sidang tahunan. “Setelah acara selesai, foto yang ada dimasukan dalam poll data dan wartawan bisa mengunduh di sana,” ungkapnya. Selain foto, Biro Humas juga akan menyebar rilis berita.

Tags: