Karo Humas MA: Saya Siap 24 Jam Bantu Jawab Rekan-Rekan Media
Terbaru

Karo Humas MA: Saya Siap 24 Jam Bantu Jawab Rekan-Rekan Media

“Tentu saja ada syaratnya, jangan pernah memaksa saya untuk membuka info yang sifatnya masih off the record.”

Oleh:
Aida Mardatillah
Bacaan 2 Menit
Kepala Biro Hukum dan Humas MA yang baru, Sobandi saat acara coffee morning pertamanya bersama rekan-rekan media, Jumat (3/11/2021) di Media Centre Harifin A Tumpa Mahkamah Agung. Foto: Humas MA
Kepala Biro Hukum dan Humas MA yang baru, Sobandi saat acara coffee morning pertamanya bersama rekan-rekan media, Jumat (3/11/2021) di Media Centre Harifin A Tumpa Mahkamah Agung. Foto: Humas MA

Sepeninggal Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkama Agung (MA), Abdullah yang wafat pada 31 Oktober 2020, kursi jabatan Kepala Biro Hukum dan Humas MA kosong. Setelah hampir 10 bulan kosong, kini jabatan Kepala Biro Hukum dan Humas MA (Karo Humas MA) dijabat oleh Dr. Sobandi, S.H.,M.H, sejak 30 Agustus 2021.    

"Saya siap 24 jam dalam 7 hari bekerja sama, membantu, menjawab segala pertanyaan dari rekan-rekan media. Saya akan menjadi sahabat bagi Kalian,” ujar Kepala Biro Hukum dan Humas MA yang baru, Sobandi saat acara coffee morning pertamanya bersama rekan-rekan media pada Jum’at (3/11/2021) di Media Centre Harifin A Tumpa Mahkamah Agung, seperti dikutip dari laman resmi MA.   

"Tentu saja ada syaratnya, jangan pernah memaksa saya untuk membuka info yang sifatnya masih off the record," ujar mantan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang disambut tawa rekan-rekan media.

Menurut Sobandi, MA bukanlah milik seseorang, bukan pula milik MA itu sendiri, namun MA adalah sebuah lembaga milik masyarakat Indonesia. Untuk itu, ia mengajak rekan media untuk mencintai dan menjaganya bersama-sama. Salah satunya dengan cara memberikan masukan, saran, dan kritik demi menjaga marwah/kehormatan lembaga agar selalu bisa dicintai bersama.

“Saya sangat bangga, terharu kepada rekan-rekan yang hadir. Dari hati yang paling dalam mengucapkan terima kasih. saya yakin kita bisa bekerja sama dengan baik,” Kata Sobandi di hadapan kurang lebih 50 rekan media baik dari media cetak, online, dan elektronik.

Acara yang dimoderatori oleh Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga, Rudy Sudianto ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya yaitu sebelum memasuki tempat acara, rekan media harus melakukan swab antigen terlebih dahulu.

Dr. H. Sobandi, S.H., M.H, adalah seorang ayah dari tiga orang anak. Pria yang berasal dari Karawang ini lahir pada 4 Februari 1969. Perjalanan karirnya dimulai sebagai calon hakim di Pengadilan Negeri Brebes pada tahun 1996. Alumnus Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin ini bertugas pertama kali sebagai hakim di Pengadilan Negeri Blangkejeren, Aceh (2000-2001).

Kemudian profesinya sebagai hakim membawanya pindah tugas dari satu pengadilan negeri ke pengadilan negeri lainnya. Sobandi pernah bertugas di Pengadilan Negeri Sungai Penuh Jambi selama lima tahun (2001-2006); pernah juga di Pengadilan Negeri Kandangan, Kalimantan Selatan (2006-2008); Hakim di Pengadilan Negeri Indramayu, Jawa Barat (2008-2010); dan Pengadilan Nageri Batam (2010-2013).  

Sebelum dilantik sebagai Kepala Biro Hukum dan Humas pada 30 Agustus 2021 lalu, Sobandi pernah menjabat sebagai pimpinan pengadilan, seperti Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kayuagung, Ketua Pengadilan Negeri Sekayu, Ketua Pengadilan Negeri Rantau Prapat, Ketua Pengadilan Negeri Depok, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Denpasar, Ketua Pengadilan Negeri Denpasar, dan Wakil ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Hakim yang pernah menjadi dosen pada Fakultas Hukum Universitas Islam Bandung mengisi waktu luangnya dengan menulis karya ilmiah, salah duanya yaitu buku dengan judul Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia dan Limitasi Hakim Gagasan Rekontruksi Kewenangan Pengadilan Niaga.

Tags:

Berita Terkait