10 Artikel Klinik Terpopuler:

​​​​​​​Dari PT Tak Punya Daftar Pemegang Saham hingga Hukumnya Menyebarkan Spoiler Cuplikan Film di TikTok

​​​​​​​Soal status rumah yang dibeli dengan uang hasil menjual harta bawaan hingga bisakah menuntut dokter jika pasien tidak sembuh total turut dibahas Klinik Hukumonline.
Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 4 Menit
​​​​​​​Dari PT Tak Punya Daftar Pemegang Saham hingga Hukumnya Menyebarkan Spoiler Cuplikan Film di TikTok
​​​​​​​Dari PT Tak Punya Daftar Pemegang Saham hingga Hukumnya Menyebarkan Spoiler Cuplikan Film di TikTok

Klinik Hukumonline terus berupaya memberikan akses terhadap informasi hukum yang up-to-date dan terpercaya melalui berbagai artikel yang dikemas dengan ringkas dan mudah dicerna. Selain itu, informasi-informasi tersebut juga kami sajikan dalam bentuk infografis, video YouTube, dan ada pula layanan chatbot dengan Legal Intelligent Assistant (LIA).

Kamu juga bisa mendengarkan perbincangan isu hukum yang seru dan menarik melalui Hukumonline Podcast lewat berbagai platform podcast yang tersedia.

Berikut ini 10 artikel Klinik Hukumonline terpopuler di media sosial berdasarkan pemantauan tim Klinik selama sepekan terakhir. Mulai dari konsekuensi hukumnya jika perseroan terbatas tidak punya daftar pemegang saham, hingga hukumnya menyebarkan spoiler cuplikan film di applikasi TikTok. Jangan lupa klik masing-masing artikel ya!

Terdapat beberapa cara untuk melakukan peralihan hak atas tanah, di antaranya yaitu dengan melakukan hibah. Akta hibah bisa dipergunakan sebagai dasar melakukan pemecahan sertifikat hak milik, namun pemecahan sertifikat tanpa adanya akta hibah juga dapat dilakukan pada sertifikat tanah yang sudah didaftar. Sehingga, baik pembuatan akta hibah maupun pemecahan sertifikat tanah dapat dilakukan terlebih dahulu. Tapi, mana yang lebih baik didahulukan?

Perseroan Terbatas (PT) wajib memiliki daftar pemegang saham dan daftar khusus yang dilakukan oleh direksi. Bagaimana jika ternyata PT tidak punya daftar pemegang saham? Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas memang tidak mengatur sanksi secara langsung terkait pelanggaran kewajiban ini, namun demikian terdapat konsekuensi hukum yang dapat timbul bagi direksi yang secara hukum berkewajiban untuk membuat daftar pemegang saham.

Berdasarkan Kompilasi Hukum Islam (KHI), pada dasarnya tidak ada percampuran antara harta suami dan harta istri karena perkawinan. Harta bawaan suami dan/atau istri dan harta yang diperoleh masing-masing sebagai hadiah atau warisan adalah di bawah penguasaan masing-masing, sepanjang para pihak tidak menentukan lain dalam perjanjian perkawinan. Lalu, bagaimana status rumah yang dibeli ketika perkawinan berlangsung namun dibeli dengan uang jatah warisan atau harta bawaan?

Sah atau tidaknya tindakan direksi dapat dilihat dari sah atau tidaknya jabatan direksi tersebut. Dalam hal terjadi pemberhentian, perlu diperhatikan dengan seksama kapan pemberhentian direksi tersebut efektif berlaku. Perlu diketahui, perubahan anggota direksi mempunyai dua sisi efektif berlaku, yaitu secara internal dan secara eksternal. Apa dasar perbedaan dua sisi tersebut?

Halaman Selanjutnya:
Berita Terkait