Pojok MPR-RI

Bamsoet Ajak Komunitas Otomotif Kuatkan Nilai Kebangsaan

Setelah sempat terpuruk akibat dampak pandemi Covid-19, industri otomotif di Tanah Air saat ini mulai bangkit.
Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menaruh harapan besar atas terpilih kembalinya Satrio Nur Rachmanto (Rio Castello) sebagai Ketua Umum Motor Besar Indonesia periode 2021-2024. Di kepemimpinan periode 2018-2021, Rio Castello berhasil membangun citra positif MBI sebagai organisasi dan komunitas  otomotif. Antara lain, turut berperan dalam mensukseskan ajang olahraga, MBI menjadi klub motor pertama yang dipercaya mengawal api obor Asian Games 2018. 

Hukumonline.com

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di acara penutupan Munas ke-2 Motor Besar Indonesia. Foto: Istimewa.
"Berbagai capaian yang ditorehkan, harus ditingkatkan di periode kedua. Misalnya, Jambore Nasional di Pantai Pangandaran pada tahun 2019, Duta Pariwisata melalui kegiatan Ride to Java-Bali di tahun 2020, serta berbagai aksi solidaritas dan kegiatan sosial kemanusiaan, yang menebarkan semangat berbagi dan bergotong royong. Di tengah situasi pandemi Covid-19, MBI juga aktif bekerjasama dengan berbagai pihak membantu pemerintah menyelenggaraan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat. Bersama MPR RI, MBI juga aktif melakukan vaksinasi ideologi berupa Sosialisasi Empat Pilar MPR RI," ujar Bamsoet dalam penutupan Munas ke-2 MBI, di Jakarta, Minggu (3/10/21). 

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, MBI harus terus tumbuh sebagai komunitas otomotif yang semakin solid, tetap berkomitmen menjaga inklusifitas keanggotaan dengan semangat persaudaraan tanpa batas. Sekaligus menjadikan MBI sebagai keluarga besar yang menjunjung tinggi semangat persaudaraan, dan menempatkan social brotherhood sebagai nafas organisasi. 

"Dengan membangun paradigma kebangsaan, dimana keberagaman dipandang sebagai kekayaan yang saling menguatkan, dan bukan perbedaan yang memisahkan, maka segala bentuk dan wujud perbedaan tidak akan menjadi penghalang bagi bangsa kita untuk hidup bersama, di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Bamsoet, menjelaskan. 

Hukumonline.com
Penutupan Munas ke-2 Motor Besar Indonesia. Foto: Istimewa.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini manambahkan, setelah sempat terpuruk akibat dampak pandemi Covid-19, saat ini mulai dirasakan kembali bangkitnya pertumbuhan industri otomotif di tanah air. Maka ke depan, intensitas pengguna jalan juga akan kembali meningkat. Di sinilah peran penting MBI agar dapat menjadi role model sebagai pelopor keselamatan berkendara, khususnya bagi klub-klub otomotif lain, dan umumnya bagi masyarakat pengendara motor dan pengguna jalan lainnya. 

"Ke depan, tentunya akan banyak tantangan dan ujian yang akan kita hadapi untuk memajukan organisasi MBI. Namun saya yakin, dengan potensi sumberdaya yang dimilikinya, MBI akan mampu menjawab berbagai tantangan dan ujian tersebut," kata Bamsoet.