Pojok MPR-RI

Gus Jazil: Pandemi Mereda, Saatnya Bangkit

Terus menurunnya kasus Covid-19 di Tanah Air patut disyukuri. Namun, masyarakat diharapkan tidak lengah dan tetap menjaga diri sebaik mungkin agar terhindar dari Covid-19.
Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid. Foto: Istimewa.
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid. Foto: Istimewa.

JAKARTA – Bangsa Indonesia harus bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Angka kasus yang terus menurun dibanding beberapa bulan lalu, menunjukkan pandemi mulai mereda.

Mengacu pada data Satgas Covid-19 per 3 Oktober 2021, kasus positif Covid-19 harian turun menjadi 1.142 kasus, dikutip dari data situs Covid19.go.id. Dibandingkan bulan lalu di tanggal yang sama, angka ini menurun drastis. Bandingkan dengan kasus harian pada 3 September 2020 lalu, sebanyak 7.797 kasus. Angka kematian akibat Covid-19 pada 3 Oktober 2021 lalu sebanyak 58 kasus, juga tercatat yang terendah sejak Agustus tahun lalu.

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengatakan, terus menurunnya kasus Covid-19 di Tanah Air patut disyukuri. Kendati begitu, Gus Jazil meminta masyarakat untuk tidak lengah dan tetap menjaga diri sebaik mungkin agar terhindar dari Covid-19.

”Alhamdulillah, masyarakat sudah semakin disiplin untuk bermasker, menjaga diri, ikut vaksin sehingga hari ini mulai kelihatan hasilnya. Penurunan Covid-19 luar biasa. Saatnya kita kembali pada situasi normal agar semua gerakan ekonomi masyarakat hidup kembali karena kita tidak akan mampu untuk menghadapi Covid-19 ini tanpa pergerakan ekonomi,” ujar Gus Jazil–sapaan akrab Jazilul Fawaid–saat menghadiri Zumba Party and Aerobic Competition memperebutkan Piala Wakil Ketua MPR dalam rangka Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang digelar Serikat Rakyat Gotong Royong (SRGR) dan Tantin Studio di Oceanfood BSD, Ocean Park, Tangerang, Minggu (3/10/2021).

Dikatakan Gus Jazil, melalui kegiatan seperti ini, masyarakat akan semakin memiliki rasa percaya diri untuk bisa bangkit melewati kondisi pandemi. Selain itu, dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, Gus Jazil mengharapkan agar bangsa ini selalu kompak dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong. ”Dalam kondisi sulit seperti ini, mari kita bekerja sama, bergotong royong untuk kebesaran kita semua,” urainya.

Kegiatan olahraga seperti zumba atau aerobik, kata Gus Jazil, selain membuat tubuh sehat, juga menjadikan jiwa yang kuat. ”Dulu kita popular dengan istilah ’mens sana in corpore sano’ bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Nah, di dalam jiwa yang kuat, kita semua bahagia. Mudah-mudahan semua kompak, bahagia, mari Bersama-sama galakkan gotong royong, kita bangun kebersamaan untuk kepentingan kita semua menjadi bangsa yang bersatu dan kuat,” katanya.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berharap pandemi Covid-19 segera hilang, dan masyarakat bisa kembali membangun semangat kegembiraan dan kebersamaan. ”Jadi, kegiatan seperti ini adalah mengombinasikan wisata olahraga, makan-makan, dan kumpul-kumpul. Tentu saya berharap kegiatan seperti ini terus ditingkatkan dalam rangka memberikan kepercayaan diri ke masyarakat. Kita harus terus menjaga kesehatan, tapi kita juga harus optimistis,” ujarnya.