Tips Memahami Putusan Pengadilan Penting dan Populer
Terbaru

Tips Memahami Putusan Pengadilan Penting dan Populer

Dapat mencari di direktori Mahkamah Agung dan Pusat Data Hukumonline. Ada delapan langkah yang dapat dilakukan dalam memahami putusan pengadilan penting dan populer.

Oleh:
Rofiq Hidayat
Bacaan 4 Menit
Editor Legal Research and Analysis Hukumonline, Sinatrya Primandhana dalam sebuah diskusi bertajuk 'Memahami Putusan Pengadilan Pilihan dan Putusan Populer', Kamis (14/10/2021). Foto: RFQ
Editor Legal Research and Analysis Hukumonline, Sinatrya Primandhana dalam sebuah diskusi bertajuk 'Memahami Putusan Pengadilan Pilihan dan Putusan Populer', Kamis (14/10/2021). Foto: RFQ

Mencari dan membaca putusan pengadilan di laman Mahkamah Agung (MA) bagi sebagian kalangan kerap menemui kesulitan. Terlebih, bagi kalangan yang bukan latar belakang hukum. Untuk itu, perlu memahami cara mudah mencari putusan-putusan pengadilan yang dikategorikan penting/terpilih dan populer, khususnya untuk kepentingan riset bagi kalangan hukum. Lantas, seperti apa cara atau tips mudah untuk mencari putusan-putusan penting?

Editor Legal Research and Analysis Hukumonline, Sinatrya Primandhana mengatakan langkah awal memahami jenis-jenis putusan terlebih dahulu. Misalnya, Pertama, putusan berdasarkan kehadiran para pihak terbagi menjadi tiga yakni putusan gugur, verstek, dan contradictoir. Kedua, berdasarkan sifat putusan terbagi menjadi tiga yakni putusan deklarator, konstitutif, dan condemnatoir. Ketiga, putusan berdasarkan saat penjatuhan terbagi menjadi dua yakni putusan sela dan akhir.

“Tapi ada perbedaan antara putusan pilihan dan populer,” ujar Sinatrya Primandhana dalam sebuah diskusi bertajuk “Memahami Putusan Pengadilan Pilihan dan Putusan Populer”, Kamis (14/10/2021) kemarin. (Baca Juga: Cara Mudah Memahami Seluk Beluk Putusan Pengadilan)  

Dia menerangkan putusan populer merupakan putusan pengadilan yang mendapat perhatian banyak kalangan, umumnya yang menjadi pemberitaan besar di media. Namun, putusan populer tidak berarti menjadi penting bagi praktisi hukum seperti lawyer, kurator. Biasanya, kata Sinatrya, subjek perkara yang menjadi poin kepopuleran sebuah kasus. Seperti kasus yang menjerat mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

Sementara putusan pilihan, merupakan putusan yang di dalamnya terdapat kaidah penting yang menjadi rujukan bagi praktisi hukum, seperti lawyer, akademisi, dan peneliti hukum. Namun demikian, putusan pengadilan yang dikategorikan penting belum tentu populer di masyarakat. Selain itu, putusan pengadilan memiliki beberapa kegunaan. Seperti putusan pengadilan yang telah berkekuatan tetap (inkracht) bisa menjadi yurisprudensi bagi kasus serupa ke depannya.

Bila terdapat hal yang perlu dikritisi, biasanya putusan populer menjadi bahan diskusi beberapa elemen masyarakat. Sehingga, dapat menjadi katalis mengidentifikasi adanya kekosongan hukum. Tak hanya itu, pengelolaan informasi putusan populer atau terpilih penting membantu sebuah kantor hukum untuk memberikan layanan jasa hukum.

Pria biasa disapa Sina itu melanjutkan penelusuran putusan pengadilan dapat diperoleh dengan mencari di webiste atau direktori MA dan Pusat Data Hukumonline. Menurutnya, pada direktori MA memiliki pembaharuan melalui versi terbaru dengan dua cara penelusuran. Pertama, navigasi hypertext. Cara ini bersifat terstruktur yang lebih mengakomodir pencarian yang detilnya belum diketahui. Polanya dibagi berdasarkan perkara, tahun perkara, tahun register, tahun putusan diunggah, dan pengadilan.

Tags:

Berita Terkait