Legal Due Diligence: Arti, Jenis, Tujuan, dan Tahapan
Terbaru

Legal Due Diligence: Arti, Jenis, Tujuan, dan Tahapan

Legal due diligence adalah pemeriksaan yang dilakukan konsultan hukum pada perusahaan. Berikut uraian jenis, tujuan, dan tahapannya.

Oleh:
Tim Hukumonline
Bacaan 4 Menit
Ilustrasi legal due diligence. Sumber: pexels.com
Ilustrasi legal due diligence. Sumber: pexels.com

Perusahaan yang hendak melakukan merger, konsolidasi, atau akuisisi membutuhkan proses legal due diligence (LDD). Hasil temuan dalam proses ini sedikit banyak berpengaruh akan keputusan yang akan diambil perusahaan. Lantas, apa pentingnya LDD? Mari simak jawabannya dalam uraian berikut.

Pengertian Due Diligence

LLD atau legal due diligence adalah kegiatan pemeriksaan secara seksama yang dilakukan seorang konsultan hukum terhadap suatu perusahaan atau objek untuk memperoleh informasi atau fakta material guna mencari gambaran kondisi suatu perusahaan atau objek transaksi.

Rio Christiawan dalam Uji Tuntas Hukum Legal Due Diligence mendefinisikan due diligence audit adalah suatu kegiatan untuk menilai risiko hukum yang mungkin timbul. Risiko yang dimaksud erat kaitannya dengan transaksi yang hendak dilakukan oleh para pihak.

Baca juga:

Secara sederhana, idealnya proses integrity due diligence berfokus pada identifikasi risiko yang biasanya tidak terungkap. Proses ini dapat membantu mengurangi resiko, membantu pengambilan keputusan berdasarkan informasi yang ada, melihat peluang yang lebih, serta mengelola situasi dengan lebih baik.

Proses due diligence ini tidak mencakup hukum semata. Namun, bisa juga melibatkan atau mencakup aspek lainnya yang hendak dinilai. Beberapa contoh variasinya, antara lain financial, tax, environmental, dan customer.

Sebagai informasi, yang dimaksud financial due diligence adalah kegiatan pemeriksaan secara saksama oleh akuntan atau konsultan keuangan pada kondisi finansial dari sebuah perusahaan. Lalu, tax due diligence adalah kegiatan pemeriksaan dari rekam jejak perpajakan sebuah perusahaan.

Tags:

Berita Terkait