Ma’ruf Cahyono Tekankan Informasi yang Mengedukasi di Pekan Kehumasan
Pojok MPR-RI

Ma’ruf Cahyono Tekankan Informasi yang Mengedukasi di Pekan Kehumasan

Pekan Kehumasan MPR merupakan ruang untuk menstimulasi dan melihat kembali tugas-tugas kehumasan. “Dalam bidang kehumasan banyak stakeholder yang terlibat.

Oleh:
Tim Publikasi Hukumonline
Bacaan 2 Menit
Setjen MPR RI Dr. Ma’ruf Cahyono SH, MH. Foto: Istimewa.
Setjen MPR RI Dr. Ma’ruf Cahyono SH, MH. Foto: Istimewa.

JAKARTA - Pekan Kehumasan MPR yang digelar di Lobby Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, mulai dari tanggal 8 hingga 11 November 2021, merupakan satu momentum yang memiliki arti tersendiri. Demikian diungkapkan Setjen MPR RI Dr. Ma’ruf Cahyono SH, MH, dalam kata sambutan pada puncak acara Pekan Kehumasan, 10 November 2021.

Hadir dalam puncak acara Pekan Kehumasan, Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR, Siti Fauziah SE., MM., Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga Setjen MPR, Budi Muliawan SH., MH., serta ratusan peserta yang terdiri dari pecinta buku, wartawan, dan masyarakat. Rangkaian kegiatan Pekan Kehumasan MPR, antara lain pameran foto, pameran koleksi Perpustakaan MPR, dan PPID, juga ada lomba karya tulis, lomba foto, dan launching Buku Digital MPR dan novel yang berjudul Meraih Mimpi.

Lebih lanjut Ma’ruf Cahyono mengatakan, Pekan Kehumasan MPR merupakan ruang untuk menstimulasi dan melihat kembali tugas-tugas kehumasan. “Dalam bidang kehumasan banyak stakeholder yang terlibat, di antaranya jurnalis atau wartawan.

Bicara tentang kehumasan, menurut Ma’ruf Cahyono, secara langsung atau tidak langsung, akan terkait dengan penyebaran informasi. Ia berharap humas dalam menyebarkan informasi tak hanya tentang kabar dan berita namun juga mampu mengedukasi.


Untuk itulah lomba-lomba yang ada menyisipkan pesan dan ajakan untuk meningkatkan literasi. “Harapan saya literasi menjadi stimulant dan edukasi bagi dunia kehumasan. Hal itu penting dilakukan agar kelak bermuara membangun kepercayaan masyarakat. Ini orientasi paling penting,” kata Ma'ruf Cahyono.

Ma’ruf Cahyono mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah datang ke acara Pekan Kehumasan MPR. Menurutnya, kedatangan masyarakat di rumah wakil rakyat perlu dimaksimalkan. “Datang ke gedung ini merupakan tempat pembelajaran tepat tentang MPR,” ujarnya.

Disebutkan Ma'ruf Cahyono, salah satu tugas MPR adalah merawat nilai-nilai kebangsaan lewat Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Ma’ruf Cahyono mengajak kepada semua untuk menjaga pondasi bangsa Indonesia agar tetap kokoh berdiri. “Pondasi bangsa kita adalah Pancasila. Nilai-nilai tersebut perlu diinternalisasikan kepada seluruh elemen masyarakat dengan berbagai cara,” ujarnya.

Tags: