Mengulik Selera In House Counsel Saat Pilih Law Firm di Indonesia

Mengulik Selera In House Counsel Saat Pilih Law Firm di Indonesia

Senioritas dan reputasi law firm besar tak mutlak. Harga kompetitif memang jadi sorotan, namun kualitas pelayanan tetap menentukan.
Mengulik Selera In House Counsel Saat Pilih Law Firm di Indonesia

Apa pentingnya mengetahui selera in house counsel dalam memilih law firm? Klien “basah” law firm sudah pasti berbagai perusahaan penggerak dunia bisnis. Mulai dari perusahaan nasional hingga multinasional. Baik yang sudah melantai di bursa saham maupun start up dengan prospek investasi cerah. Klien dari kalangan ini yang biasanya tak segan merogoh kocek dalam-dalam untuk jasa hukum berkualitas demi kelancaran bisnisnya. Ulasan sebelumnya berjudul Semahal Apa Perusahaan Rela Bayar Law Firm di Masa Kini dan Nanti? telah mengulas soal itu.

Nah, biasanya perusahaan-perusahaan sudah memiliki in house counsel. Mereka menjadi personel utama yang ditunjuk untuk berurusan dengan law firm saat perusahaan menggunakan jasa hukum eksternal. Klien law firm memang perusahaan, namun pelaksanaannya pasti bekerja sama dengan in house counsel. Bahkan, in house counsel ini sejak awal berperan besar memilih law firm mana untuk digunakan jasanya.

Penilaian hasil kerja law firm atas nama perusahaan juga kerap dilakukan in house counsel. Bila puas, mereka tak segan “mengiklankan” law firm kepada rekannya di perusahaan lain. Sebaliknya, kekecewaan mereka selama bekerja sama bisa jadi bahan gosip yang menghambat pemasaran law firm.

Itu sebabnya menyimak selera dan kepuasan in house counsel berguna untuk mengetahui seberapa teruji kualitas law firm di kalangan pengguna jasanya. Law firm harus berusaha memenuhi ekspektasi pasar yang diwakili para corporate counsel. Terlebih lagi corporate counsel juga berpotensi menjadi “mitra pemasaran” sukarela bagi law firm. Kali ini Hukumonline mengkonfirmasi lebih lanjut berbagai informasi yang diperoleh dari survei “In-House Counsel Insight 2021".

Masuk ke akun Anda atau berlangganan untuk mengakses Premium Stories
Premium Stories Professional

Segera masuk ke akun Anda atau berlangganan sekarang untuk Dapatkan Akses Tak Terbatas Premium Stories Hukumonline! Referensi Praktis Profesional Hukum

Premium Stories Professional