Jeda

Pentingnya Perspektif Keadilan Gender dalam Penanganan Kejahatan Seksual

LBH Semarang mendorong agar pembahasan dan pengesahan RUU TPKS dipercepat dengan memasukkan jenis-jenis kekerasan berbasis gender online dan menekankan perspektif keadilan gender melalui pemulihan hak-hak korban.
Rofiq Hidayat

Mengenal Judex Factie dan Judex Jurist dalam Praktik Peradilan

Judex factie dan judex jurist adalah sebutan proses peradilan di tingkat pertama dan banding serta proses kasasi di MA. Dalam perkembangannya, pemeriksaan kasasi tidak hanya memeriksa masalah penerapan hukum, tetapi juga mengadili fakta yang telah diperiksa pengadilan tingkat pertama dan banding.
Aida Mardatillah

Dari Bantuan Hukum Hingga Pelatihan Produktif

Diagendakan kegiatan mengundang Kantor Pertanahan dan dinas-dinas terkait untuk memperoleh paparan konkrit dari Kantor Hukum NSAP&P atas proyek percontohan untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa.
Aida Mardatillah

Mengulas Tugas dan Fungsi Jaksa Pengacara Negara

Jaksa Pengacara Negara adalah jaksa yang memiliki kuasa khusus yakni Jaksa Agung yang bertindak dalam perkara perdata dan tata usaha negara serta ketatanegaraan, atas nama negara, pemerintahan, ataupun kepentingan umum.
Aida Mardatillah

Melihat Perbedaan Notaris dan PPAT, Simak Penjelasannya!

Ada beberapa perbedaan Notaris dan PPAT, mulai regulasi, tugas dan fungsinya, proses pengangkatan dan pemberhentian, hingga wadah organisasinya.
Ady Thea DA

Ingat, Vlogger dan Youtuber Komersil Wajib Kantongi Legalitas

Pada dasarnya vlogger dan youtuber memiliki kegiatan yang sama dengan perfilman, sehingga wajib memenuhi aspek legalitas yang diatur dalam regulasi terkait perfilman.
Fitri Novia Heriani

Tips Hukum bagi Konten Kreator Agar Terhindar Gugatan Hak Cipta

Para pembuat konten juga harus memahami hak-hak nya atas produk yang dihasilkan, sehingga dapat melindungi dirinya dari kerugian.
Mochamad Januar Rizki

Hukumonline dan FH Universitas Katolik Parahyangan Jalin Kerja Sama Premium Stories

Diharapkan kerja sama ini dapat memenuhi kebutuhan FH Unpar dalam pengayaan sumber pembelajaran dan meningkatkan kualitas pendidikan hukum di Unpar.
Fitri Novia Heriani

Kode Etik Advokat Jadi 'Menu' Pembuka PKPA Hukumonline Angkatan-9

Dahulu kode etik dipandang sebagai hal yang berada di luar hukum, namun saat ini kode etik adalah hukum.
Fitri Novia Heriani

Tips Menulis Artikel Opini Hukum di Media Massa

Mulai memastikan syarat penulisan opini hukum di media massa, memahami tahapan penulisan, hingga cara menghindar dari jerat hukum.
Rofiq Hidayat