Perdata

Penandatanganan Perjanjian di Luar Negeri

Bacaan 2 Menit
Penandatanganan Perjanjian di Luar Negeri

Pertanyaan

Apabila kita membuat perjanjian di dalam negeri (otentik), maka perjanjian tersebut dipersyaratkan untuk dibuat di hadapan Notaris. Tetapi bagaimana apabila kita ingin membuat perjanjian (otentik) di luar negeri? Dan di mana pengaturannya?

Ulasan Lengkap

Perjanjian dibuat di hadapan notaris publik setempat di negara di mana Anda membuat perjanjian tersebut. Dalam hal ini, akta perjanjian yang dibuat harus sesuai dengan ketentuan mengenai peraturan jabatan notaris setempat. Sebagai catatan, syarat materiil sesuai hukum Indonesia yang berlaku bagi WNI yang membuat perjanjian di luar negeri harus dipenuhi. Syarat formil yang harus dipenuhi adalah ketentuan yang berlaku di negara di mana perjanjian dilangsungkan. Harus dilihat apakah peraturan jabatan notaris setempat mengharuskan akta dibuat dalam bahasa mereka atau Bahasa Inggris, atau bisa bahasa pilihan di antara para pihak. Misalnya, Anda membuat perjanjian di hadapan notaris Belanda dan ingin memakai Bahasa Indonesia, harus dilihat peraturan yang berlaku di negara setempat, boleh atau tidak. Kalau harus menggunakan Bahasa Belanda atau Bahasa Inggris, akta perjanjian yang Anda buat menggunakan Bahasa Belanda atau Bahasa Inggris, yang kemudian dapat diterjemahkan resmi ke dalam Bahasa Indonesia.

Jadi, perjanjian yang dibuat secara otentik harus memenuhi ketentuan yang berlaku di negara setempat, sesuai dengan peraturan jabatan notaris masing-masing negara.

Demikian sejauh yang kami ketahui. Semoga bermanfaat.

Tags: