Kekayaan Intelektual

Ini Besaran Biaya Kursus dan Imbalan Jasa Konsultan KI

Bacaan 4 Menit
Ini Besaran Biaya Kursus dan Imbalan Jasa Konsultan KI

Pertanyaan

Saya sedang magang di salah satu konsultan HKI Medan. Tentu pencapaian saya akan menjadi konsultan HKI resmi. Singkatnya berapa biaya yang harus saya siapkan untuk kursus Konsultan HKI resmi? dan apakah ada UU yang mengatur pendapatan seorang Konsultan HKI? Terima kasih.

Intisari Jawaban

circle with chevron up
?
Biaya pelatihan Konsultan Kekayaan Intelektual (?KI?) berbeda-beda tergantung perguruan tinggi yang mengadakan pelatihan. Beberapa pelatihan yang pernah diadakan oleh perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, biaya pelatihan berkisar antara Rp 17,5 juta s.d. Rp 27 juta. Sementara biaya pendaftaran untuk pelatihan tersebut rata-rata perguruan tinggi menetapkan biaya Rp 500 ribu.
?
Lalu bagaimana ketentuan tentang pendapatan atau imbalan jasa seorang Konsultan KI? Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?

Ulasan Lengkap

 
Pelatihan Konsultan Kekayaan Intelektual
Sebagaimana diatur pada Pasal 3 huruf f Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2005 tentang Konsultan Hak Kekayaan Intelektual (“PP 2/2005”), untuk dapat diangkat menjadi Konsultan Kekayaan Intelektual (“KI”), pemohon harus memenuhi salah satu syarat yaitu lulus pelatihan Konsultan KI. Pelatihan ini diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (“DJKI”).[1]
 
Kemudian, dalam Penjelasan Pasal 3 huruf f UU 2/2005 dijelaskan sebagai berikut:
 
Persyaratan lulus pelatihan Konsultan Hak Kekayaan Intelektual termasuk juga lulus ujian seleksi. Ujian seleksi dimaksudkan untuk menjaring para calon Konsultan Hak Kekayaan Intelektual yang benar-benar telah memenuhi syarat untuk mengikuti pelatihan, baik dari segi kemampuan maupun jumlah peserta pelatihan yang nantinya disesuaikan dengan kapasitas pelatihan yang ada.
 
Biaya pelatihan Konsultan KI berbeda-beda tergantung perguruan tinggi yang mengadakan pelatihan. Beberapa pelatihan yang pernah diadakan oleh perguruan tinggi yang ditunjuk, biaya pelatihan berkisar antara Rp 17,5 juta sampai dengan Rp 27 juta. Sementara biaya pendaftaran untuk pelatihan tersebut rata-rata perguruan tinggi menetapkan biaya Rp 500 ribu. Biaya pelatihan pada beberapa perguruan tinggi yang sudah pernah melaksanakan biasanya dapat diangsur sebanyak 3 kali. Pelatihan Konsultan KI dilakukan berdasarkan kurikulum yang ditetapkan oleh DJKI sebagai institusi yang berwenang mengatur kebijakan di bidang kekayaan intelektual secara nasional.[2]
 
Pemohon yang telah melampirkan berkas yang dibutuhan, membayar biaya, memenuhi persyaratan yang salah satunya adalah harus lulus pelatihan sebagai Konsultan KI, diangkat sebagai Konsultan KI dengan Keputusan Menteri Hukum dan HAM.[3]
 
Imbalan Jasa Konsultan Kekayaan Intelektual
Mengenai pendapatan seorang Konsultan KI, Pasal 8 ayat (3) PP 2/2005 mengatur bahwa:
 
Konsultan Hak Kekayaan Intelektual berhak memperoleh imbalan atas jasa yang diberikan kepada pengguna jasa.
 
Berdasarkan pasal ini, seorang Konsultan KI dapat mengenakan biaya atas jasa yang diberikannya kepada pengguna jasa. Tidak ada aturan khusus mengenai berapa jumlah tersebut.
 
Tidak semua Konsultan KI memiliki latar belakang pendidikan sarjana hukum. Bagi Konsultan KI yang juga memiliki latar belakang pendidikan sarjana hukum ada peluang lebih besar pada saat menangani perkara-perkara KI yang memerlukan penegakan hukum di ranah litigasi. Apabila suatu perkara KI telah memasuki ranah litigasi yang berarti memerlukan penanganan lebih khusus, maka para Konsultan KI dengan latar belakang sarjana hukum terutama advokat, dapat memperoleh penghasilan lebih besar dengan menerapkan biaya jasa profesi sebagai advokat di samping sebagai Konsultan KI.
 
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat.
 
Dasar Hukum:

[1] Pasal 4 ayat (1) PP 2/2005
[2] Pasal 4 ayat (2) PP 2/2005
[3] Pasal 5 jo. Pasal 2 dan Pasal 3 PP 2/2005