Adakah Sanksi Jika Melanggar Surat Penawaran Kerja?

Bacaan 6 Menit
Adakah Sanksi Jika Melanggar Surat Penawaran Kerja?
Pertanyaan

Saya baru saja bekerja selama 2 minggu. Saat saya mulai bekerja saya ditawarkan surat penawaran berbahasa Inggris untuk ditandatangani yang isinya hanya memuat posisi, gaji, dan lamanya saya harus bekerja, yakni 2 tahun. Saat ini, saya ingin mengundurkan diri. Apakah dengan menandatangani surat penawaran yang keadaannya demikian dapat dikatakan bahwa saya memiliki keterikatan kerja atau penandatanganan tersebut hanya sebagai tanda bahwa saya mengesahkan adanya penawaran kerja yang demikian keadaannya? Apakah saya dapat terkena sanksi hukum jika mengundurkan diri? Apakah surat tersebut sah sebagai perjanjian kerja sama mengingat ditulis dalam bahasa Inggris?

Intisari Jawaban

Dalam praktiknya, sebelum memulai hubungan kerja, perusahaan biasanya mengirimkan surat penawaran kerja (employment offering letter) yang di antaranya berisi posisi, deskripsi pekerjaan, besaran gaji, serta fasilitas yang akan diberikan kepada calon karyawan yang terpilih setelah melalui beragam proses rekrutmen.

Dengan ditandatanganinya surat penawaran kerja tersebut oleh pekerja, apakah hal tersebut otomatis melahirkan hubungan kerja antara pekerja dengan pengusaha? Lalu, bagaimana jika pekerja yang bersangkutan hendak mengundurkan diri? Adakah sanksinya?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.