Khawatir Anak Diasuh Istri yang Egois, Langkah Ini Bisa Dilakukan

Bacaan 4 Menit
Khawatir Anak Diasuh Istri yang Egois, Langkah Ini Bisa Dilakukan
Pertanyaan
Saya dalam proses perceraian dengan istri saat ini. Kami memiliki seorang putra berusia 3,5 tahun. Kami berdua benar-benar tidak cocok satu sama lain, selalu bertengkar karena istri saya orangnya terlalu egois dan tidak pernah menghargai suami. Dan sekarang istri bersikukuh ingin mengasuh anak. Apakah yang bisa saya lakukan agar bisa mendapat hak asuh atas anak? Karena saya khawatir apabila anak diasuh istri. Terima kasih.
Intisari Jawaban

Setelah bercerai, baik ibu atau bapak tetap berkewajiban memelihara dan mendidik anak-anaknya, semata-mata berdasarkan kepentingan anak.

Namun terjadi perselisihan mengenai penguasaan anak-anak, orang tua dapat mengajukan permohonan penetapan hak asuh anak ke pengadilan, dalam hal ini Pengadilan Agama bagi yang beragama Islam dan Pengadilan Umum bagi yang beragama selain Islam.

Kapan permohonan tersebut dapat diajukan? Lalu, apa langkah yang bisa dilakukan jika di kemudian hari, ternyata pemegang hak asuh anak tersebut tidak dapat menjamin keselamatan jasmani dan rohani anak?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.