Prosedur Penanganan Kasus Penyebaran Video Bermuatan Asusila

Bacaan 6 Menit
Prosedur Penanganan Kasus Penyebaran Video Bermuatan Asusila
Pertanyaan

Saya sedang menghadapi seseorang yang akan melakukan cyber crime terhadap diri saya dengan cara menyebarkan rekaman film semi pornography di mana alatnya memakai hp. Yang mau saya tanyakan: 1. Bagaimana caranya melaporkan kejadian cyber crime seperti ini? Dan hukumnya? 2. Apakah bisa dua film digabungkan menjadi satu? 3. Apakah rekaman tersebut dapat diedit (diganti orangnya)? 4. Apakah tanggal rekaman tersebut dapat terdeteksi? Atas bantuannya, saya ucapkan terima kasih.

 

Intisari Jawaban
?
Ada 2 (dua) langkah yang dapat diambil dalam penanganan kasus penyebaran video bermuatan asusila, yaitu:
  1. Sebagai langkah awal Anda dapat mengadukan orang tersebut melalui laman Aduan Konten dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Anda harus mendaftarkan diri sebagai pelapor terlebih dahulu dengan mengisi beberapa kolom isian. Aduan yang dikirim harus ada URL/link, screenshot ttampilan serta alasannya. Semua laporan yang masuk dan memenuhi syarat (terdapat link/url, screenshot dan alasannya) akan diproses/ditindaklanjuti;
  2. Kemudian kami juga menyarankan agar Anda melaporkan kejadian tersebut kepada penyidik cyber crime POLRI atau melaporkan langsung ke penyidik pada Sub Direktorat Penyidikan Direktorat Keamanan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika. Anda akan diminta membuat laporan kejadian disertai dengan bukti awal. Jika bukti awal dirasa sudah mencukupi, maka penyidik akan meneruskannya pada tahap penyidikan. Kerahasiaan identitas Anda, jika Anda meminta, sesuai kode etik penyidikan akan dijamin oleh instansi penyidik bersangkutan.
?
Apa ancaman pidana bagi orang yang menyebarkan konten pronografi? Penjelasan lebih lanjut, silakan baca ulasan di bawah ini.
?