Siapa Pencipta dan Siapa Pemegang Hak Cipta?

Bacaan 7 Menit
Siapa Pencipta dan Siapa Pemegang Hak Cipta?
Pertanyaan

Saya karyawan tetap pada perusahaan swasta (sebagai ilustrator) yang bergerak dalam bidang penerbitan pers. Perusahaan memberi kesempatan kepada saya untuk mengembangkan dan menuangkan seluruh ide-ide kreatif saya, sehingga dalam bekerja tidak hanya gambar hasil ilustrasi saya saja yang dimuat, tetapi hasil cerita dan hasil-hasil kreatifitas saya yang lain juga dimuat. Sekarang saya akan pensiun, saya baru menyadari bahwa seluruh karya-karya saya selama bekerja harus jelas siapa pencipta dan pemegang hak ciptanya. Perusahaan memang mengatur secara general (dalam peraturan perusahaan) bahwa seluruh hasil kerja selama bekerja di perusahaan menjadi milik perusahaan. Pertanyaan saya adalah: 1. Seluruh hasil karya saya yang saya buat berdasarkan ide/kreativitas saya sendiri (bukan nyontek/contoh gambar/cerita dari buku asing) dan sudah pernah dimuat dalam majalah/penerbitan pers, tanpa ada inisial nama saya (sengaja) bisakah saya klaim saya sebagai PENCIPTA dan PEMEGANG HAK CIPTANYA? 2. Apakah perusahaan bisa mengakui/mengklaim bahwa pencipta dan pemegang hak cipta atas karya-karya yang saya hasilkan dimiliki perusahaan sepenuhnya? 3. Apabila perusahaan bisa dan dibenarkan oleh hukum (UU Hak Cipta) sebagai pencipta dan pemegang hak cipta atas karya saya; a) apakah dengan demikian saya tidak bisa dan tidak boleh membuat cerita lain dengan memakai gambar/karakter yang sama untuk dimuat di media lain? b) apakah perusahaan berhak menjual ke media lain/perusahaan lain tanpa saya dapat sesuatu/royalti? Demikian pertanyaan saya, atas bantuan dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih.

Intisari Jawaban
??
Anda sebagai orang yang menciptakan karya dapat mengklaim sebagai pencipta dan pemegang hak cipta atas karya Anda tersebut. Pengecualiannya yaitu apabila ada perjanjian yang menentukan siapa pencipta dan pemegang hak ciptanya.
?
Perusahaan mengatur secara general dalam peraturan perusahaan (?PP?), tetapi PP tersebut tidak dapat dikategorikan sebagai perjanjian yang dimaksud di atas. Melainkan apabila tercantum dalam perjanjian kerja bahwa yang menjadi pencipta dan pemegang hak cipta adalah perusahaan, maka perusahaan dapat dibenarkan dan diakui sebagai pencipta dan pemegang hak cipta.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak ulasan di bawah ini.
?