Haruskan Nomor Desain Industri Dicantumkan Pada Barang?

Bacaan 4 Menit
Haruskan Nomor Desain Industri Dicantumkan Pada Barang?
Pertanyaan

Kami memproduksi barang plastik dengan meniru dari contoh barang lain. Kami meniru tidak 100% tetapi banyak yang kami ubah. Kami meniru barang tersebut karena dalam barang tersebut tidak dicantumkan nomor paten maupun desain industrinya. Sekarang saya dipersalahkan, karena menurutnya barang itu sudah terdaftar di desain industri. Pertanyaan saya: 1. Apakah kami salah? 2. Adakah keharusan barang terdaftar desain industri harus mencantumkan nomor desain industri?

Intisari Jawaban

Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus dalam Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri yang mengharuskan pemilik hak desain industri mencantumkan nomor pendaftaran desain industri pada barang.

Namun demikian, masyarakat umum sesungguhnya dapat memperoleh informasi terkait suatu desain industri yang telah terdaftar dengan mengakses melalui Berita Resmi Desain Industri pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Jadi singkatnya, khalayak umum dianggap mengetahui adanya suatu desain industri yang sedang diajukan maupun sudah terdaftar.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak ulasan di bawah ini.