Keberatan Pemilik Merek Terdaftar atas Pendaftaran Merek oleh Pihak Lain

Bacaan 7 Menit
Keberatan Pemilik Merek Terdaftar atas Pendaftaran Merek oleh Pihak Lain
Pertanyaan
Apakah permintaan pendaftaran merek yang telah mendapatkan Tanda Terima Permohonan Pendaftaran Merek dari Ditjen KI dapat dituntut secara pidana oleh pemegang merek terdaftar atas dasar persamaan pada pokoknya, padahal permohonan pendaftaran merek tersebut belum ada penolakannya oleh Ditjen KI?
Intisari Jawaban
Pada tahap pengumuman permohonan pendaftaran merek, setiap pihak, termasuk pemilik merek terdaftar, bisa mengajukan keberatan disertai alasan dan bukti bahwa merek yang dimohonkan tidak dapat didaftar atau ditolak.
 
Atas keberatan yang diajukan, pemohon pendaftaran merek atau kuasanya dapat memberikan tanggapan. Jadi, pemilik merek terdaftar sebenarnya bisa melakukan upaya hukum berupa keberatan ketika pihak lain masih dalam proses pendaftaran merek.
 
Selain itu, setiap orang yang menggunakan secara tanpa hak merek yang sama atau memiliki persamaan pada pokoknya dengan merek terdaftar, dapat dijatuhi sanksi pidana, meskipun orang yang diduga melakukan tindak pidana merek masih dalam proses pendaftaran merek.
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.