Perusahaan Memfitnah Mantan Karyawan, Begini Jerat Pidananya

Bacaan 6 Menit
Perusahaan Memfitnah Mantan Karyawan, Begini Jerat Pidananya
Pertanyaan

Bagaimana jika ada perusahaan yang menyebarkan informasi pribadi bekas karyawan setelah karyawan tersebut keluar sehingga muncul fitnah terhadap karyawan tersebut? Apa yang harus dilakukan karyawan tersebut? Karena fitnah tersebut telah menghancurkan karir dan kredibilitasnya. Bagaimana tentang undang-undang yang mengatur tentang pelecehan dan bullying, apalagi bila yang terkena adalah orang yang tidak melakukan kesalahan apa-apa? Terima kasih atas penjelasannya.

Intisari Jawaban

Perbuatan menyebarkan informasi pribadi milik mantan karyawan yang menyebabkan munculnya fitnah terhadap mantan karyawan tersebut bisa dijerat menggunakan pasal-pasal dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dan/atau Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (“UU ITE”) dan perubahannya jika dilakukan secara elektronik misalnya melalui media sosial.

Namun untuk menerapkan pasal dalam UU ITE, ada pedoman implementasi yang patut diperhatikan. Selain itu, terdapat ketentuan khusus yang berlaku jika yang melakukan tindak pidana adalah korporasi.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.