Terima Barang dengan Kondisi Buruk dari Distributor, Bisakah Minta Uang Kembali?

Bacaan 5 Menit
Terima Barang dengan Kondisi Buruk dari Distributor, Bisakah Minta Uang Kembali?
Pertanyaan

Sebagai sebuah toko terkadang mengalami suatu kerugian yang diakibatkan oleh terjadinya kerusakan barang karena mutu yang kurang bagus. Retur atau komplain atas hal demikian tidak diperjanjikan, kalaupun ada retur atau tanggapan dari perusahaan (distributor) atas keluhan kerusakan hal itu semata niat baik dari pihak perusahaan. Atas kondisi demikian sesungguhnya adakah hukum atau UU yg dapat melindungi saya "pelaku usaha/toko" dari timbulnya kerugian akibat mutu barang jelek, dapatkah UU Perlindungan Konsumen meng-cover hal demikian? Terima kasih.

Intisari Jawaban

Konsumen yang dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (“UU Perlindungan Konsumen”) adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

Dalam kasus Anda, karena Anda merupakan pemilik toko yang membeli barang untuk dijual kembali, Anda bukan konsumen yang dimaksud dalam UU Perlindungan Konsumen.

Meski demikian, terdapat aturan hukum lain yang melindungi hak-hak Anda selaku pembeli, yakni menggunakan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.