Jangka Waktu Hak Merek dan Syarat Perpanjangannya

Bacaan 5 Menit
Jangka Waktu Hak Merek dan Syarat Perpanjangannya
Pertanyaan

Pasal 28 UU No. 15 Tahun 2001 menyatakan perlindungan merek berakhir dalam jangka waktu 10 tahun. Mengapa harus memakai jangka waktu dan mendaftar berulang-ulang apabila perusahaan tersebut masih berjalan dengan memakai hak merek mereka?

Intisari Jawaban
?
Merek terdaftar mendapat perlindungan hukum untuk jangka waktu 10 (sepuluh) tahun sejak tanggal penerimaan dan jangka waktu tersebut dapat diperpanjang untuk jangka waktu yang sama. Tujuannya adalah untuk memastikan merek yang didaftarkan benar-benar digunakan pada barang/jasa dan barang/jasa tersebut masih diproduksi dan/atau diperdagangkan.
?
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis ("UU MIG?) tidak akan memberikan perlindungan hukum terhadap merek-merek yang sifatnya hanya untuk didaftar saja tanpa pernah dipergunakan dalam kegiatan produksi dan/atau perdagangan.
?
Karena itulah, UU MIG menetapkan sejumlah persyaratan agar permohonan perpanjangan merek terdaftar dapat disetujui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM (Ditjen KI). Apa saja persyaratannya? Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?