Struktur dan Jenjang Karier di Kepolisian

Bacaan 8 Menit
Struktur dan Jenjang Karier di Kepolisian
Pertanyaan

Saya ada beberapa pertanyaan: 1. Bisakah tolong dijelaskan struktur karir di kepolisian dan kira-kira berapa waktu yang diperlukan untuk naik pangkat? 2. Saya pernah mendengar apabila sudah mendapat gelar Sarjana Hukum, maka akan sangat membantu karir di Kepolisian, apakah hal itu benar? 3. Bagaimana cara masuk ke kepolisian? Apakah diharuskan mengikuti akademi polisi dan tes fisik? Terima kasih sebelumnya.

Intisari Jawaban
Polisi itu dibagi dua bagian. Bagian pertama adalah pelaksana utama, dan bagian kedua adalah manajerial. Pelaksana dalam Polri disebut golongan BINTARA, sedangkan manajer disebut golongan PERWIRA. Kedua baguan golongan tersebut memiliki jenjang kararir masing-masing.
Untuk menjadi BINTARA, jalurnya hanya satu yaitu lewat SPN (Sekolah Polisi Negara), pendidikan kurang lebih 7 bulan. Sedangkan untuk menjadi PERWIRA ada dua jalur. Pertama, jalur dari UMUM langsung jadi PERWIRA (Akademi Kepolisian (AKPOL) di Semarang Jawa Tengah dengan masa pendidikan kurang lebih 3,5 tahun, dengan gelar setara D3), atau kedua dari BINTARA jadi PERWIRA (ada tiga jalur, yaitu AKPOL, Sekolah Inspektur Polisi (SIP) dan Sekolah Alih Golongan (SAG).
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.