Mengapa Alkohol Tidak Digolongkan Sebagai Narkotika?

Bacaan 8 Menit
Mengapa Alkohol Tidak Digolongkan Sebagai Narkotika?
Pertanyaan

Apa yang membedakan alkohol dengan ganja sehingga alkohol dilegalkan? Padahal keduanya sama-sama membuat kerusakan pada tubuh bagi pemakainya. Dan kenapa alkohol tidak masuk dalam gol. narkotika dan diatur dalam KUHP?

Intisari Jawaban
?
Dari sisi dampak penyalahgunaannya, jika dilihat dari bagaimana pemerintah mengatur masing-masing di dalam peraturan perundang-undangan, akan terlihat jelas bahwa dampak penyalahgunaan narkotika jauh lebih merusak daripada alkohol. Di dalam Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika antara lain dinyatakan bahwa narkotika dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan.
?
Sedangkan, di dalam konsiderans menimbang Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 282/Menkes/SK/II/1998 tentang Standar Mutu Produksi Minuman Beralkohol, ?hanya? dikatakan bahwa minuman beralkohol merupakan minuman yang penggunaannya dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Jadi, minuman beralkohol memang tidak termasuk dalam golongan narkotika, tapi termasuk minuman keras yang produksi, pengedaran dan penjualannya ditetapkan sebagai barang dalam pengawasan.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?