Pendaftaran Merek dari Dua Perusahaan dalam Satu Grup

Bacaan 5 Menit
Pendaftaran Merek dari Dua Perusahaan dalam Satu Grup
Pertanyaan

Mohon pencerahan, PT A mempunyai sertifkat merek untuk www.andrea.net. Sedangkan, PT B yang sahamnya dimiliki oleh PT A mengajukan merek "andrea FM" tetapi ditolak oleh Dit. Merek karena ada persamaan dengan www.andrea.net. Pada saat pengajuan sanggahan PT A sudah melampirkan surat pernyataan Tidak Keberatan dan informasi bahwa antara PT A dan PT B adalah sesama anak perusahaan dalam satu grup yang sama dan mempunyai susunan pengurus yang sama. Jika PT B mengajukan banding ke Komisi Banding, apakah masih ada peluang untuk diterimanya permohonan Banding atau ada solusi lain yang bisa dilakukan oleh PT B? Demikian, terima kasih.

Intisari Jawaban
?
Sebagaimana Anda jelaskan bahwa PT A dan PT B merupakan sesama anak perusahaan dalam satu grup. Sebagai contoh, berdasarkan informasi dalam Pangkalan Data Kekayaan Intelektual - 1 yang kami akses dari laman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, dapat ditelusuri bahwa Merek ?Mandiri Syariah? telah terdaftar atas nama PT Bank Syariah Mandiri, sementara itu dalam laman Pangkalan Data Kekayaan Intelektual ? 2, ditemukan Merek ?Mandiri Sekuritas? telah terdaftar atas nama PT Mandiri Sekuritas. Sebagaimana diketahui bahwa dua perusahaan tersebut merupakan dua subjek hukum yang berbeda namun sama-sama anak perusahaan dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
?
Dari contoh di atas, dapat dipahami bahwa pada praktiknya dimungkinkan jika sesama anak perusahaan memiliki Merek terdaftar yang terdapat unsur persamaan pada pokoknya. Tentunya pernyataan tidak keberatan dari PT A dan PT B sebagaimana dalam kasus Anda dapat menguatkan untuk dapat diterimanya permohonan pendaftaran Merek.
?
Apa langkah alternatif lainnya yang dapat Anda tempuh? Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.