Tips Hindari Pelanggaran Hak Cipta dalam Menulis

Bacaan 7 Menit
Tips Hindari Pelanggaran Hak Cipta dalam Menulis
Pertanyaan
Saat ini teman saya sedang menyusun sebuah buku yang disusun dari pengalaman dia selama praktik sebagai konsultan di suatu bidang. Buku ini selain berisi pengalaman dia sendiri, rencananya dia juga akan menyelipkan pengalaman, cuplikan kata-kata, motivasi atau kutipan tulisan orang lain. Mohon informasinya bagaimana agar buku teman saya tidak melanggar hak cipta orang lain dan tidak dicap plagiat. Terima kasih.
Intisari Jawaban
Agar terhindar dari plagiarisme, beberapa tips berikut perlu diingat dalam menulis:
  1. Tulis karya yang Anda kutip dalam bentuk kutipan langsung, dalam tanda petik "..." (quotation marks) secara utuh dengan menyebut sumbernya baik dalam teks, di catatan kaki dan di akhir karya tulis berupa daftar pustaka. Untuk pengutipan karya tulis, penyebutan atau pencantuman sumber karya yang dikutip harus dilakukan secara lengkap dengan mencantumkan sekurang-kurangnya nama pencipta, judul atau nama ciptaan, dan nama penerbit jika ada;
  2. Jika mengambil ide dari tulisan orang lain dan menuangkan kembali idenya, seluruhnya dengan kata-kata sendiri (paraphrasing), harus tetap dengan menyebut sumbernya.
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.