Legalitas Hasil Cetak Tweet Sebagai Alat Bukti Penghinaan

Bacaan 8 Menit
Legalitas Hasil Cetak Tweet Sebagai Alat Bukti Penghinaan
Pertanyaan

Saya sedang terlibat kasus dengan guru. Saya berumur 16 tahun. Guru sudah memegang bukti-bukti print screen dari Twitter saya. Yang inti dari isi tweet tersebut mencela guru tersebut. Contoh : [email protected]****** ae pr pak dwi.. kacuk.. 2. SUMPAH DEMI APO BAE, BANGSAT PAK ITU. Apa ada hukum IT yang bisa menjerat contoh di atas? Rata-rata tanpa menggunakan nama dari guru tersebut.

Intisari Jawaban
?
Print screen kata-kata atau kalimat dalam Twitter Anda dapat digunakan sebagai alat bukti yang sah dalam persidangan sepanjang bukti tersebut secara teknis dapat dipertanggungjawabkan otentitasnya.
?
?
Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?