Kamis, 09 Januari 2014
Menjual Kumpulan Skripsi yang Diambil dari Internet
Pertanyaan :

Menjual Kumpulan Skripsi yang Diambil dari Internet

Bagaimana jika A mendapatkan informasi tentang skripsi yang bertebaran di internet, kemudian data tersebut dikumpul menjadi satu kemudian dijual dalam bentuk CD dan DVD. Apakah hal tersebut melanggar hukum? Mengingat bahwa skripsi memiliki hak ciptanya?
Punya pertanyaan lain ?
Silakan Login, atau Daftar ID anda.
Kirim Pertanyaan ke hukumonline.com
Butuh Jawaban Langsung ?
Segera dapatkan langkah terbaik, langsung dari ahlinya.
Konsultasi Justika.com
Jawaban :

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

Skripsi merupakan salah satu produk karya tulis, tentu dilindungi Undang-Undang Hak Cipta (UUHC) sebagaimana dapat dilihat pada Pasal 12 ayat 1 huruf a UUHC. Dengan beredarnya sebuah skripsi di internet bukan berarti skripsi tersebut menjadi milik publik (public domain) yang bebas diperbanyak dan dimanfaatkan. Sebuah skripsi dilindungi UUHC secara otomatis sejak skripsi selesai disusun dan dapat diperbanyak, selama hidup Penulis dan terus berlangsung hingga 50 (lima puluh) tahun setelah Penulis meninggal dunia.

 

Sepanjang tidak ada penyerahan hak cipta dari penulis yang bersangkutan kepada pihak lain, maka hanya penulis yang berhak menikmati hak eksklusif atas skripsinya, baik berupa hak ekonomi maupun hak moral, di antaranya untuk melaksanakan perbanyakan dan pengumuman karyanya (Pasal 2 ayat 1). Pihak lain yang ingin mengambil keuntungan ekonomi dari karya tersebut, seperti A, dengan cara mengumpulkan skripsi untuk dijual dalam bentuk CD atau DVD, haruslah memperoleh izin dari para penulis masing-masing skripsi yang dikumpulkan tersebut.

 

Walaupun tujuan A untuk keperluan pendidikan, namun karena kegiatan A bersifat komersial maka penjualan skripsi tersebut akan dianggap sebagai pelanggaran atas hak ekonomi penulis jika dilakukan tanpa seizin penulis. Karenanya, selain penulis dapat menuntut ganti rugi terhadap A, tindakan A juga dapat diancam pidana penjara dan denda.

 

Sebaliknya, jika kegiatan A mengumpulkan skripsi kemudian menjualnya dalam bentuk CD/DVD dilakukan dengan prosedur yang benar berdasarkan izin para penulisnya, maka, kumpulan skripsi pilihan yang dirangkum oleh A dapat dianggap sebagai suatu kreasi intelektual tersendiri, yang dapat dikategorikan sebagai sebuah bunga rampai menurut UUHC Pasal 12 ayat 1 huruf l dan Penjelasannya. Oleh UUHC, bunga rampai tersebut juga diberi hak cipta tersendiri, dengan tidak mengurangi hak cipta para penulis yang skripsinya dimasukkan dalam bunga rampai tersebut.

 

Demikian semoga bermanfaat.

 
Dasar hukum:

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta

 

    



Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter @klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.


Cari Jawaban
Rubrik ini disediakan bagi anda untuk mengajukan persoalan hukum yang anda hadapi. Rubrik ini diperuntukkan hanya kepada member hukumonline.com
Jika anda member Hukumonline,
silakan Login, atau Daftar ID anda.
Kirim Pertanyaan ke hukumonline.com
MITRA : Globomark
 
[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua