Hukumnya Membajak Akun Facebook Orang Lain

Bacaan 8 Menit
Hukumnya Membajak Akun Facebook Orang Lain
Pertanyaan

Apakah saya bisa melapor pidana jika ada yang menggunakan akun Facebook saya tanpa izin dan memposting status tanpa persetujuan saya (membajak akun Facebook saya)? Bagaimana prosedurnya? Karena kalau saya baca menurut UU ITE Pasal 30 ayat (1) dan Pasal 46 ayat (1) bahwa setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses Komputer dan/atau Sistem Elektronik milik Orang lain dengan cara apa pun dapat dikenakan sanksi pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp600 juta. Terima kasih.

Intisari Jawaban
?
Penggunaan username dan password dalam layanan Facebook merupakan bentuk sederhana metode pengamanan sistem. Tindakan dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses atau menjebol sistem pengamanan akun Facebook orang lain tanpa izin dapat dipidana berdasarkan Pasal 30 ayat (3) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (?UU ITE?) sebagaimana yang telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan pelakunya dapat diancam dengan pidana penjara paling lama 8 (delapan) tahun dan/atau denda paling banyak Rp?800?juta.
?
Kemudian tindakan yang dilakukan dengan sengaja menuliskan kata atau kalimat pada kolom status dan menyebarkannya (posting) melalui suatu akun Facebook tanpa persetujuan pemilik akun atau yang dalam istilah sehari-hari disebut dengan perbuatan ?membajak? akun Facebook orang lain merupakan tindakan menambah atau mengubah informasi elektronik pada akun tersebut secara tanpa hak sebagaimana dilarang dalam Pasal 32 ayat (1) UU ITE dan pelakunya dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama 8 (delapan) tahun dan/atau denda paling banyak Rp?2?miliar.
?
Bagaimana prosedur melaporkannya? Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?