Bolehkah Mem-PHK Karyawan yang Tidak Mempunyai Ijazah?

Bacaan 8 Menit
Bolehkah Mem-PHK Karyawan yang Tidak Mempunyai Ijazah?
Pertanyaan

Teman saya sudah bekerja selama kurang lebih 4 tahun dengan status sebagai karyawan kontrak dan dia terkena PHK secara sepihak oleh perusahaan, sisa kontrak dia masih ada 2 bulan lagi. Alasan teman saya di-PHK oleh perusahaan karena ia tidak memiliki ijazah, tapi pada saat dulu teman saya masuk kerja di perusahaan tersebut tidak mempermasalahkan dia tidak punya ijazah. Pertayaan saya adalah:

  1. Bolehkah perusahaan mempermasalahkan ijazah sedangkan pada saat masuk kerja ijazah tersebut tidak dipermasalahkan?
  2. Kalau dilihat dari masa kerja teman saya, bisakah diangkat menjadi karyawan tetap?
  3. Berhakkah teman saya mendapatkan uang pesangon?
Intisari Jawaban
?
Pemutusan Hubungan Kerja (?PHK?) karena tidak memiliki ijazah tidak termasuk alasan dilarangnya PHK yang diatur dalam Pasal 153 ayat (1) Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (?UU Ketenagakerjaan?).
?
Tetapi harusnya pengusaha tidak mem-PHK teman Anda karena hal yang sebelumnya sudah disepakati bersama melalui perjanjian kerja (tidak mempunyai ijazah). Berdasarkan Teori Pernyataan, dengan tidak dipermasalahkannya ijazah sedari awal teman Anda bekerja dan ?membiarkan? hubungan kerja terjadi (yang kami asumsikan tertuang juga di perjanjian kerja), berarti pengusaha sudah berkehendak untuk mengikatkan diri dengan pekerja dalam sebuah hubungan kerja.
?
Melihat status teman Anda yang dikontrak bekerja selama 4 tahun, apakah ia mendapatkan pesangon jika di-PHK? Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?