Status Permohonan Pendaftaran Merek Jika Pemohonnya Meninggal

Bacaan 7 Menit
Status Permohonan Pendaftaran Merek Jika Pemohonnya Meninggal
Pertanyaan
Saya ada beberapa pertanyaan mengenai merek: 1. Bagaimana status merek yang sudah diajukan oleh seseorang, tapi orang tersebut meninggal dunia sebelum ada keputusan tentang penolakan merek yang dimohonkannya? 2. Apakah sanggahan penolakan merek tersebut bisa diteruskan oleh ahli warisnya? 3. Seandainya bisa, tapi ahli waris baru melakukan sanggahan tentang penolakan merek tersebut setelah lebih dari dua tahun sejak diterimanya keputusan penolakan merek dari Ditjen HKI untuk pemohon merek yang meninggal itu, bagaimana status hukumnya? Terima kasih sebelumnya.
 
Intisari Jawaban
?
Permohonan pendaftaran merek yang pemohonnya meninggal dunia pada saat permohonannya masih dalam proses pemeriksaan di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (?Ditjen KI?) dan belum mendapatkan keputusan pendaftaran atau penolakan oleh Ditjen KI, akan terus diproses oleh Ditjen KI selama tidak ada pemberitahuan atau pencabutan permohonan dari ahli warisnya.
?
Ahli waris dapat mengajukan permohonan pengalihan hak merek dari anggota keluarga yang meninggal dunia (pewaris) kepada mereka setelah pendaftaran merek dikabulkan ataupun pada saat proses permohonan pendaftaran merek.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?