Orang yang Pernah Dipenjara Ingin Jadi Caleg, Bolehkah?

Bacaan 6 Menit
Orang yang Pernah Dipenjara Ingin Jadi Caleg, Bolehkah?
Pertanyaan

Tahun 2009 saya pernah dijatuhi hukuman pidana penjara tersangkut Pasal 62 Undang-Undang No. 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika dan dijatuhi vonis 10 bulan. Yang ingin saya tanyakan, apakah saya masih mempunyai hak untuk mendaftar sebagai calon legislatif?

Intisari Jawaban
?
Salah satu persyaratan untuk dapat menjadi calon anggota legislatif (?caleg?) adalah tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.
?
Anda yang pernah dihukum penjara selama 10 bulan penjara karena melanggar ketentuan Pasal 62 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri menjadi caleg karena menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, yang dilihat adalah ancaman pidana dari suatu tindak pidananya, bukan hukuman yang dijatuhkan. Meskipun hukuman yang dijatuhkan oleh hakim kepada Anda berupa hukuman penjara selama 10 bulan, tetapi ancaman pidana atas tindak pidana yang Anda lakukan adalah 5 tahun penjara.
?
Kecuali, secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik bahwa Anda merupakan mantan terpidana. Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?