Penggunaan Lambang Klub Sepak Bola pada Barang Dagangan

Bacaan 13 Menit
Penggunaan Lambang Klub Sepak Bola pada Barang Dagangan
Pertanyaan

Banyak website dan lapak-lapak online yang menjual baju, tas, batik, stiker, dan lain-lain yang mana barang tersebut menggunakan logo klub sepak bola. Apakah hal seperti itu melanggar hukum paten atau royalti? Terima kasih.

Intisari Jawaban
?
Pertama-tama perlu kami luruskan disini, mungkin maksud Anda adalah melanggar hukum terkait hak atas merek dan/atau hak cipta karena hukum paten yang Anda sebutkan sangat keluar dari konteks perlindungan terkait dengan pertanyaan Anda.
?
Dapat dikatakan sebagai suatu bentuk pelanggaran, apabila?fasilitas online tersebut tidak/belum memperoleh izin penggunaan logo maupun nama dari pemilik logo sepak bola (lisensi) tersebut yang telah terdaftar (lihat website Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Indonesia Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM).
?
Sementara itu, dapat dikatakan bukan sebuah bentuk pelanggaran apabila fasilitas online yang dimaksud telah memperoleh izin (lisensi) dalam hal untuk memproduksi dan memperbanyak serta memakai merek dari si pemilik merek yang telah terdaftar.?Lebih jauh untuk mengetahui tentang lisensi dapat dilihat pada Pasal 42-45 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis.
?
Selain itu, setiap orang yang tanpa izin pencipta atau pemegang hak cipta dilarang melakukan Penggandaan dan/atau Penggunaan Secara Komersial Ciptaan.
?
Mengenai pelanggaran hak cipta dalam kasus Anda, bagi pelaku usaha dapat dikenakan sanksi pidana sebagaimana yang telah ditentukan dalam Pasal 113 ayat (3) Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta (?UU Hak Cipta?), sementara bagi pengelola website yang menyediakan tempat perdagangan ?barang-barang tersebut dapat dikenakan Pasal 114 UU Hak Cipta.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?