Langkah Hukum Bila Tak Sepakat Besaran Ganti Rugi Pembebasan Tanah

Bacaan 15 Menit
Langkah Hukum Bila Tak Sepakat Besaran Ganti Rugi Pembebasan Tanah
Pertanyaan
Dalam rangka proyek pembangunan jembatan layang, ada beberapa warga yang sebagian tanah dan bangunannya akan kena penggusuran. Saat ini, kami masih dalam tahap perundingan dengan panitia pengadaan tanah, tetapi harga yang ditawarkan untuk ganti rugi sangat rendah dan dirasakan sangat tidak adil, dengan alasan sudah dianggarkan dengan harga tersebut. Apabila tidak terjadi kesepakatan mengenai besarnya ganti rugi, apakah kami tetap akan digusur paksa karena proyek tersebut dikategorikan atas nama untuk kepentingan umum? Apa dasar hukum dan undang-undang yang bisa dipakai agar mendapat hak yang layak dan adil dalam ganti rugi tersebut? Karena sebagian besar dari warga tersebut tidak mengerti mengenai hukum dan tidak didampingi oleh penasihat hukum.
Intisari Jawaban
Pengadaan tanah untuk pembangunan jalan layang termasuk dalam pengadaan tanah untuk kepentingan umum, yang dilaksanakan dengan pemberian ganti kerugian yang layak dan adil yang besarannya dinilai melalui tahapan-tahapan tertentu.
 
Apa sajakah tahapan-tahapan tersebut dan langkah hukum apa yang dapat dilakukan jika pemilik tanah keberatan dengan besaran ganti kerugian yang akan diberikan?
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.