Menyuruh Karyawan Bawa Alat Kerja Sendiri, Bolehkah?

Bacaan 5 Menit
Menyuruh Karyawan Bawa Alat Kerja Sendiri, Bolehkah?
Pertanyaan

Di perusahaan ada wacana untuk meminta karyawan membawa sendiri notebook untuk kerja sehingga selain bisa menghemat biaya sewa juga biaya pemeliharaan notebook karena bila ada kerusakan karyawan diminta memperbaikinya sendiri karena itu bukan aset perusahaan. Pertanyaannya, apakah perusahaan diperbolehkan menerapkan rencana tersebut mengingat karyawan akhirnya harus menggunakan dana mereka sendiri untuk kepentingan perusahaan? Terima kasih.

Intisari Jawaban

Hubungan kerja terjadi karena adanya perjanjian kerja antara pengusaha dan pekerja/buruh. Sementara itu, salah satu unsur hubungan kerja adalah adanya perintah, yakni perintah untuk melakukan pekerjaan sebagai prestasi yang diperjanjikan, dalam arti telah ditentukan jenis pekerjaannya, dan oleh karenanya dibayar upah kepada pekerja tersebut. Maka, pada dasarnya yang diperjanjikan adalah kesediaan karyawan untuk melakukan pekerjaan atas dasar perintah.

Sehingga, jika hendak meminta karyawan menggunakan alat kerja sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan, haruslah tertuang dalam suatu perjanjian tersendiri atau setidaknya telah dicantumkan secara tegas dalam perjanjian kerja yang bersangkutan.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.