Tips Menentukan Pilihan Hukum dan Yurisdiksi dalam Perjanjian

Bacaan 5 Menit
Tips Menentukan Pilihan Hukum dan Yurisdiksi dalam Perjanjian
Pertanyaan
Saya ingin meminta pendapat perihal penentuan pilihan hukum dan yurisdiksi hukum yang berlaku dalam suatu perjanjian. Bagaimana caranya memberikan alasan yang kuat agar ketentuan mengenai hukum dan yurisdiksi hukum yang berlaku adalah Indonesia? Selama ini saya selalu mengatakan jika menggunakan hukum asing, kita dalam posisi yang tidak bagus jika terjadi sengketa. Atau saya memberikan pendapat yurisdiksi hukum bisa memakai cara arbitrase seperti SIAC namun hukum yang berlaku adalah hukum Indonesia. Mohon jawabannya.
Intisari Jawaban
Saat membuat perjanjian, menentukan pilihan hukum dan yurisdiksi hukum memang sangatlah penting, sebab hal tersebut berkaitan dengan penyelesaian apabila terjadi sengketa antara para pihak.
 
Jika salah satu pihak dalam perjanjian adalah warga negara atau badan hukum asing, pada umumnya pilihan yurisdiksi yang disepakati dalam hal timbulnya suatu perselisihan/sengketa adalah dengan arbitrase.
 
Namun, pada dasarnya penentuan yurisdiksi dan pilihan hukum yang berlaku dalam suatu perjanjian tetap didasarkan pada kesepakatan para pihak.
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.