Ketentuan Batas Penumpang Disabilitas dalam Penerbangan

Bacaan 4 Menit
Ketentuan Batas Penumpang Disabilitas dalam Penerbangan
Pertanyaan

Seperti yang kita ketahui maskapai penerbangan masing-masing memiliki ketentuannya sendiri-sendiri biasanya disebut dengan terms and conditions. Namun saya pernah melihat bahwa ada suatu ketentuan yang dibuat oleh sebuah maskapai namun tidak diatur di dalam UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, contohnya suatu penerbangan tidak dapat membawa lebih dari 4 penyandang disabilitas. Apakah maskapai dapat membuat ketentuan lain selain yang ada di dalam UU Nomor 1 Tahun 2009 atas dasar keselamatan? Apakah yang menjadi dasar hukumnya? Terima kasih.

Intisari Jawaban

Setiap maskapai penerbangan dalam membuat ketentuan khusus (terms and conditions) tentunya harus mengacu pada Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan aturan perubahan serta pelaksananya.

Terkait banyaknya penumpang penyandang disabilitas dalam suatu penerbangan, hal ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM.30 Tahun 2021 tentang Standar Pelayanan Minimal Penumpang Angkutan Udara. Adakah batasannya? Dan bagaimana keberlakuannya bagi rute domestik dan internasional?

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.