Notaris Pengganti Pasar Modal

Bacaan 7 Menit
Notaris Pengganti Pasar Modal
Pertanyaan
Seorang notaris harus mempunyai izin/sertifikat di bidang pasar modal terlebih dahulu untuk menjadi notaris pasar modal. Namun terhadap notaris pengganti yang diangkat guna menggantikan notaris pasar modal yang cuti, apakah notaris pengganti tersebut harus mendapat izin/sertifikat di bidang pasar modal terlebih dahulu untuk hadir dan membuat akta RUPS PT. TBK? Terima kasih.
Intisari Jawaban
Notaris pengganti yang dimaksud adalah seorang yang untuk sementara diangkat sebagai notaris untuk menggantikan notaris yang melakukan kegiatan di pasar modal yang sedang cuti, sakit, atau untuk sementara berhalangan menjalankan jabatannya sebagai notaris sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2004 tentang Jabatan Notaris dan perubahannya.

Notaris pengganti tetap wajib terdaftar terlebih dahulu di Otoritas Jasa Keuangan untuk dapat berkegiatan di pasar modal, termasuk dalam membuat berita acara atau keputusan rapat umum pemegang saham perusahaan terbuka, yang juga merupakan wewenang dari seorang notaris yang melakukan kegiatan di pasar modal.
 
Penjelasan lebih lanjut, dapat Anda klik ulasan di bawah ini.