Mengambil Gambar dari Website Lain, Cukup dengan Menulis Sumbernya?

Bacaan 4 Menit
Mengambil Gambar dari Website Lain, Cukup dengan Menulis Sumbernya?
Pertanyaan
Saat ini teman saya memiliki website yang khusus membahas produk/merek tertentu. Untuk pembahasannya dia mendapat informasi baik dari website resmi produk tersebut, website lain, teman maupun forum-forum di internet. Pertanyaannya, bolehkah teman saya tersebut mengambil gambar/foto dari website resmi kemudian mencantumkannya di website pribadinya dengan mencantumkan sumber di setiap artikelnya? Apakah itu melanggar hukum? Terima kasih.
Intisari Jawaban
Hak cipta atas gambar atau foto secara prinsip dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Perbuatan mencantumkan dan menyebut sumber website dari gambar atau foto yang diambil tidak cukup menjadi dasar hak untuk seseorang mengambil gambar terkait dan menggunakannya di website-nya sendiri.
 
Sehingga sebelum seseorang menggandakan, mempertunjukkan, mengadaptasi, mengumumkan dan mendistribusikan gambar atau foto yang diambil dari sebuah website, ia wajib meminta izin terlebih dahulu karena hanya pencipta atau pemegang hak cipta yang memiliki hak eksklusif untuk melakukannya.
 
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.