Bisakah Pengadilan Selain MK Memutus Sengketa Hasil Pilpres?

Bacaan 8 Menit
Bisakah Pengadilan Selain MK Memutus Sengketa Hasil Pilpres?
Pertanyaan

Saya lihat di salah satu statiun televisi bahwa jika salah satu capres kalah, kemudian mengajukan sengketa ke Mahkamah Konstitusi dan dia akan melanjutkan masalah sengketa pilpres di PTUN dan MA. Apakah bisa PTUN dan MA menerima kasus sengketa pilpres? Apa yang menjadi dasarnya?

Intisari Jawaban
?
Lembaga yang berwenang mengadili pada tingkat pertama dan terakhir mengenai sengketa hasil pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (?Pilpres?) hanyalah Mahkamah Konstitusi (?MK?) sebagaimana diatur dalam Pasal 24C ayat (1) Undang-Undang Dasar Tahun 1945 dan Pasal 10 ayat (1) Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi dan perubahannya, jadi bukanlah Mahkamah Agung (?MA?) maupun Pengadilan Tata Usaha Negara (?PTUN?). Kewenangan MA adalah mengenai perselisihan pelanggaran administratif pemilihan umum, sementara PTUN berwenang perihal sengketa proses pemilihan umum.
?
Kemudian putusan MK terkait sengketa Pilpres tersebut bersifat final, yakni putusan MK langsung memperoleh kekuatan hukum tetap sejak diucapkan dan tidak ada upaya hukum yang dapat ditempuh.
?
Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.
?