Perhatikan Ini Bila Ingin Berlibur Menggunakan Jasa Travel Agent

Bacaan 7 Menit
Perhatikan Ini Bila Ingin Berlibur Menggunakan Jasa <i>Travel Agent</i>
Pertanyaan

Saya berencana berlibur dengan menggunakan jasa biro perjalanan wisata. Yang ingin saya tanyakan adalah: 1. Seperti apa perlindungan hukum bagi konsumen biro perjalanan bila kemudian terjadi hal-hal yang merugikan seperti keterlambatan waktu, kehilangan barang di perjalanan, atau fasilitas yang tidak sesuai sebagaimana yang diiklankan? 2. Apa langkah yang bisa ditempuh oleh konsumen seperti saya bila saya dirugikan bukan oleh kesalahan mereka?

Intisari Jawaban

Anda selaku konsumen diberikan sejumlah hak dan perlindungan hukum dalam menggunakan jasa yang ditawarkan oleh biro perjalanan wisata (travel agent), di antaranya hak mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya dan pelaku usaha wajib memberikannya.

Jika pelaku usaha menolak, Anda dapat mengajukan upaya penyelesaian di antaranya melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (“BPSK”), yakni badan yang bertugas menangani dan menyelesaikan sengketa antara pelaku usaha dan konsumen di luar pengadilan.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.