Langkah Hukum Jika Karyawan Outsourcing Diperlakukan Diskriminatif

Bacaan 7 Menit
Langkah Hukum Jika Karyawan <i>Outsourcing</i> Diperlakukan Diskriminatif
Pertanyaan

Saya mau tanya soal diskriminasi dalam pekerjaaan. Apakah tenaga kerja outsourcing tidak punya hak untuk kerja? Kenapa kami yang dari outsourcing dibedakan dengan karyawan lain? Sampai ada diskriminasi yang membeda-bedakan warna kulit. Apakah tidak ada hukum tentang hal ini? Saya dipekerjakan di hotel bagian security, tolong penjelasannya karena yang membeda-bedakan ras ini GM Hotel sendiri. Apa ada aturan atau undang-undang khusus untuk Hotel bahwa orang berkulit hitam tidak diperbolehkan kerja? Terima kasih.

 

Intisari Jawaban

Setiap pekerja/buruh berhak memperoleh perlakuan yang sama tanpa diskriminasi dari pengusaha, termasuk pembedaan dalam ras, suku, warna kulit, dan sebagainya. Perlindungan terhadap tenaga kerja dimaksudkan untuk menjamin hak-hak dasar pekerja/buruh dan menjamin kesamaan kesempatan serta perlakuan tanpa diskriminasi atas dasar apapun.

Jika ada perusahaan yang memperlakukan pekerjanya secara diskriminatif, maka masalah itu dapat diselesaikan dengan melalui Pengadilan Hubungan Industrial. Selain itu, diskriminasi atas dasar ras (ciri fisik) juga dapat dijerat dengan sanksi pidana.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika