Bisakah Menggugat Pemilik Ruko yang Tak Sediakan Saluran Drainase?

Bacaan 7 Menit
Bisakah Menggugat Pemilik Ruko yang Tak Sediakan Saluran Drainase?
Pertanyaan

Dapatkah saya menggugat pemilik gedung untuk membuatkan/melengkapi fasilitas gedung (ruko) yang tidak memiliki saluran drainase, ataupun sanitasi untuk pembuangan air cucian dan air mandi? Yang ada hanya sebuah parit kecil untuk resapan air, tanpa ada saluran untuk mengarah ke gorong gorong umum. Ini mengakibatkan tergenangnya air tersebut sehingga menimbulkan jentik nyamuk. Saya menyewa gedung untuk bisnis kuliner (warung pempek), dan dengan seizin pemilik ruko.

Intisari Jawaban

Jika dalam perjanjian sewa-menyewa antara Anda selaku penyewa dan pemilik ruko selaku pemberi sewa tertulis bahwa pemilik ruko berkewajiban menyediakan saluran drainase, namun kenyataannya Anda tidak menerima fasilitas tersebut, maka pemilik ruko telah melakukan wanprestasi, yang dapat Anda jadikan dasar untuk menggugat pemilik ruko.

Di samping itu, bangunan gedung yang dibangun harus memenuhi ketentuan aspek kesehatan bangunan gedung, salah satunya meliputi sistem pengelolaan air berupa penyediaan air minum, air limbah, dan air hujan. Jika kewajiban tersebut tidak dipenuhi, pemilik bangunan dapat dikenakan sanksi administratif hingga pidana.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika