Pilihan Badan Hukum untuk Organisasi Non Profit

Bacaan 8 Menit
Bacaan 8 Menit
Pilihan Badan Hukum untuk Organisasi Non Profit
Pertanyaan
Saya beberapa bulan yang lalu telah mendirikan sebuah organisasi/perkumpulan yang berkaitan tentang sosial, kemanusiaan, lingkungan, dan budaya. Karena kami bergerak dengan dana sendiri (non profit), beberapa hari yang lalu ada ditawarkan untuk membuat proposal dana hibah internasional. Namun persyaratannya adalah harus sudah berbadan hukum dan terdaftar di Kemendagri atau otoritas sejenis. Setelah saya baca artikel-artikel di hukumonline.com, ada beberapa bentuk badan hukum bagi organisasi non profit seperti kami di antaranya yayasan, perkumpulan, dan LSM. Apakah ketiga ini sama atau berbeda? Dan jika ketiga ini berbeda, apakah yang cocok buat kami?
Intisari Jawaban
Perbedaan antara Yayasan dan Perkumpulan sebagai berikut:
  1. Yayasan didirikan karena ada kekayaan para pendiri yang dipisahkan, sementara Perkumpulan didirikan karena adanya orang-orang yang berkumpul membentuk sebuah organisasi.
  2. Pengaturan tentang Yayasan lebih lengkap, jelas, dan mutakhir ketimbang pengaturan atas Perkumpulan. Alasan inilah yang membuat Perkumpulan jarang dipilih dalam praktiknya.
  3. Yayasan memiliki maksud dan tujuan spesifik, yaitu di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan yang non profit. Sementara maksud dan tujuan Perkumpulan hanya non profit.
  4. Yayasan memiliki susunan organ yang jelas diatur dalam Undang-Undang, sementara Perkumpulan tidak ada.
  5. Pengaturan mekanisme perolehan kekayaan dalam Yayasan lebih terinci, sementara Perkumpulan tidak.
 
Karena kurangnya detail yang Saudara sediakan terkait organisasi/perkumpulan Saudara, kami tidak dapat memberikan saran pilihan yang terbaik bagi organisasi/perkumpulan Saudara. Namun kami merekomendasikan Saudara untuk memahami baik-baik uraian di atas kemudian memilih bentuk badan hukum yang paling pas dengan menyesuaikan pada karakteristik, visi, dan kebutuhan strategis organisasi/perkumpulan Saudara.
 
Penjelasan lebih lanjut, dapat dilihat dalam ulasan di bawah ini