Tanggung Jawab Hukum Pemelihara Hewan

Bacaan 8 Menit
Tanggung Jawab Hukum Pemelihara Hewan
Pertanyaan

Adakah kebijakan pemerintah dalam menangani kesehatan kuda-kuda yang digunakan oleh kusir (delman)? Sebab saya sering melihat delman yang kondisi kudanya sangat buruk. Tubuh mereka kurus, dan terkadang mereka mengeluarkan air liur, juga sering batuk-batuk. Apakah ada pasal/hukum bagi delman yang tidak menjaga baik kudanya itu? Selain itu, para kusir juga tidak memerhatikan kotoran yang dikeluarkan oleh kuda mereka sendiri sering berserakan di jalanan.

Intisari Jawaban

Kuda yang dipelihara oleh kusirnya untuk menarik kereta (delman) itu dikategorikan sebagai hewan jasa. Kuda itu dipelihara untuk memberi jasa kepada manusia untuk menarik kereta.

Undang-undang telah memerintahkan agar setiap orang yang melakukan pemeliharaan, pengamanan, perawatan, dan pengayoman hewan dengan sebaik-baiknya sehingga hewan bebas dari rasa lapar dan haus, rasa sakit, penganiayaan dan penyalahgunaan, serta rasa takut dan tertekan.

Jika kusir tidak memberikan makan kudanya, maka kusir tersebut dapat dipidana berdasarkan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, yaitu penganiayaan hewan. Kemudian jika si kusir membiarkan kotoran kudanya berserakan di jalan, kusir itu pun dapat dihukum berdasarkan peraturan daerah setempat terkait ketertiban umum.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda klik ulasan di bawah ini.

Punya Masalah Hukum Yang Sedang Dihadapi?
Mulai dari Rp 30.000
Powered By Justika